DKP Fasilitas Warga Manfaatkan Potensi Rumput Laut


Suasana Kegiatan Sosialisasi dan pelatihan pemanfaatan rumput laut yang diadakan DKP kota Probolinggo
PROBOLINGGO - Upaya untuk menciptakan keanekaragaman produk makanan dan minuman berbasis rumput laut menjadi perhatian Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kota Probolinggo untuk merangkul komunitas warga terutama golongan perempuan guna menggeluti usaha ini.

 Menyangkut hal tersebut, DKP menggelar Sosialisasi dan Pelatihan Diversifikasi Produk olahan rumput laut, Senin-Selasa (7-8/12). Acara yang berlangsung di aula laboratorium Universitas Brawijaya di kota Probolinggo ini diikuti oleh sejumlah perempuan warga sekitar pesisir kota tersebut.

 Sementara Soni Imamuddin S.Sos, MM selaku Kabid Penyuluhan dan Pengembangan Usaha Perikanan DKP saat ditemui wartawan media ini mengatakan dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat menjadi motivasi dan menambah wawasan bagi kaum perempuan untuk memanfaatkan potensi rumput laut guna diolah menjadi makanan dan minuman yang sanggup membantu perekonomian mereka. “Sosialisasi dan pelatihan ini semata ingin memberi pemahaman pada perempuan yang ada disekitar kota untuk dapat mengelola potensi rumput laut yang bias dimanfaatkan menjadi makanan dan minuman.”Ujar Soni.

 Dilihat kandungan gizi yang terdapat dalam rumput laut, kiranya layak tumbuhan ini dijadikan makanan serta minuman yang dapat dikonsumsi dan memenuhi keamanan stadart keamanan pangan. “Selain itu didalam rumput laut terkandung serat, selenium dan zeng dan duga dapat mereduksi estrogen, sehingga tanaman ini bisa dijadikan sebagai alternative mencegah penyakit kanker”ujar narasumber yang dihadirkan dalam kegiatan tersebut.

 Agenda sosialisasi ini diteruskan pada kegiatan praktek pada hari berikutnya yang melibatkan semua peserta dalam mengelola rumput laut menjadi makanan serta minuman yang kaya dengan manfaat. Dipandu narasumber, sejumlah perempuan yang mengikuti pelatihan ini terlihat sangat antusias mempraktekkan pemanfaatan rumput laut menjadi barang berguna dan menyehatkan.

 “Pelatihan ini akan menjadi langkah awal para peserta untuk selanjutnya mengembangkan apa yang didapat dalam pelatihan. Tentunya semua tidak lepas dari pengawasan dan binaan DKP sebagai instansi yang bertanggungjawab atas pelaksanaan kegiatan ini.”Ujar Soni Imamuddin saat ditemui wartawan media ini. (Suhri)
Lebih baru Lebih lama
Advertisement