"YAYASAN RAUDLATUL FALAH AGHAF" Menuju Generasi Profesional Bidang Akademik dan Agama

Muhammad Fendik S.Pd.I 
Kepala Sekolah SMK Al Falah
PROBOLINGGO - Sebagai lembaga yang intens dalam mengembangkan pendidikan, kiranya Yayasan Raudlatul Falah Aghaf patut menjadi referensi bagi masyarakat khususnya kota Probolinggo dan sekitarnya untuk memasukkan putra putrinya guna mengenyam pendidikan di yayasan ini. Tak berlebihan apabila Yayasan yang berada di Kelurahan Sumber Wetan Kecamatan Kademangan kota Probolinggo tersebut mampu mengembangkan pembelajaran mulai MI (Madrasah Ibtidaiyah) MTs (Madrasah Tsanawiyah) hingga yang terakhir lembaga SMK yang secara spesifikasi mengajarkan jurusan Marketing Profesional.

 Dilihat dari perkembangan Yayasan Raudlatul Falah Aghaf yang berdiri sejak 15 tahun lalu, merupakan prestasi yang cukup gemilang dalan hal pengelolaan lembaga pendidikan. Begitu juga dengan quantitas siswa yang dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan yang signifikan. Yang patut dibanggakan dari yayasan ini, sejak awal berdirinya telah bertekat menggali potensi siswa dari kalangan kurang mampu untuk mengembangkan keilmuannya.

 “Sesuai dengan Visi dan Misi kami, yakni unggul dalam Imtek dan Ipteq serta menghasilkan tamatan yang kompetitif dan mandiri. Jadi diharapkan lulusan sekolah ini akan mumpuni menguasai akademik dan berwawasan agamis.”Ujar Muhammad Fendik S.Pd.I, Kepala sekolah SMK Al-Falah yang ditemui diruang kerjanya. Lebih jauh Fendik mengatakan untuk meningkatkan mutu pendidikan, kami dibantu 11 tenaga pengajar professional dari SMK Negeri Kota Probolinggo disamping 12 tenaga guru tetap disekolah ini. Selain itu, factor kenyamanan dalam proses pembelajaran juga didukung sarana ruang kelas yang kompetitif, sehingga tercipta kenyamanan bagi siswa dan tenaga pengajar. Disamping itu, adanya tambahan ruang kelas baru (RKB) bantuan pemerintah pusat di sekolah ini makin menambah semangatnya sekitar 115 siswa dalam menuntut ilmu di yayasan tersebut. 

 Adanya pembebasan dari biaya pendidikan alias gratis yang diberlakukan oleh yayasan Raudlatul Falah Aghaf terhadap siswanya, diharapkan anak didik bisa lebih intens menyerap pendidikan tanpa dibebani persoalan biaya. “Pembiayaan sekolah hanya menitikberatkan pada pengelolaan dana Biaya Operasional Sekolah (BOS), selain itu dari partisipasi warga yang secara ikhlas turut membantu pemajukan yayasan. Kami bertekad akan mensejajarkan SMK Al Falah dengan sekolah kejuruan lainnya. 

 Walaupun SMK ini menitik beratkan pendidikan berakhlaq Qur’ani,  diharapkan lulusan sekolah ini akan mampu bersaing dengan lulusan sekolah kejuruan lain, terlebih alumni SMK Al Falah juga dibekali ilmu agama yang sanggup diterapkan dalam kehidupan bermasyarakat.”tegas Fendik.

 Sementara Abdul Gafur selaku Ketua Yayasan saat ditemui mengatakan sesuai dengan filosofi menyiapkan manusia sebagai insane berakhlaqul Karimah dihadapan Sang Pencipta, serta tidak berorientasi pada Profit Oriented menjadikan lembaga ini berkembang dengan pesat, bukan hanya segi quantity namun qualitas juga perlu diperhitungkan. Menurutnya, Misi sekolah ini jelas yang salah satunya menciptakan generasi bangsa yang berbudi luhur, beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. 

 “untuk itu kami memberi keleluasaan pada Kepala sekolah guna menampilkan inisitif serta kreatifitasnya dengan tujuan pengembangan sekolah yang lebih baik.”Ungkap Gofur. Prestasi diluar akademik juga terlihat pada siswa sekolah ini, yaitu mampu meraih juara 1 dalam ajang beladiri Taekwondo untuk kelas Junior se kota Probolinggo. (Suh)
Lebih baru Lebih lama
Advertisement