Menteri Puji Pertanian Di Jombang Terus Meningkat


JOMBANG - Menteri Pertanian (Mentan) RI, Amran Sulaiman memuji para petani di Kabupaten Jombang. Menurutnya para petani di Jombang banyak bersyukurnya dari pada mengeluh. “Beda dengan di daerah lain, disini petaninya banyak bersyukurnya, kalau disuruh minta satu ya satu, kalau didaerah lain mintanya satu,tapi satu sampai sepuluh, mungkin petani model seperti ini satu satunya di Indonesia,hanya di Jombang,”Kata Mentan Amran Sulaiman yang langsung disambut tepuk tangan.

Hal itu dikatakan Mentan Amran Sulaiman ketika menyapa petani Desa Palrejo Kecamatan Sumobito (Kamis/4/3) dalam kunjungan kerjanya ke Jawa Timur. Didampingi Bupati Jombang Nyono Suharli Wihandoko, Mentan Amran Sulaiman secara langsung berdialog dengan para petani yang sejak siang telah menunggu kehadirannya. Bukan di Gedung atau di ruang pertemuan ber AC, tetapi pertemuan antara Mentan dan petani Jombang ini dilakukan lesehan di halaman rumah warga yang berada tepat disebelah areal persawahan padi. Selain itu hadir pula Ketua DPRD Jombang, Kapolres Jombang, Dandim 0814/Jombang, perwakilan Bulog dan Sejumlah Pejabat Pemkab Jombang.

Meski suasana ketika itu hujan rintik ,namun tidak mengganggu pertemuan Menteri Pertanian dengan para petani ini. Bahkan suasana  dialog berlangsung sangat gayeng, secangkir kopi dan  polo pendem seperti ketela rebus, pisang rebus, kacang menjadi suguhan sembari para petani ini mendengarkan pengarahan dari Mentan. “kalau seperti ini saya jadi ingat waktu saya dikampung, ketika disawah hujan rintik, sehingga bekal yang dibawakan nenek, saya habiskan hingga tak tersisa,”kata Mentan ketika menceritakan pengalamannya.

Di Hadapan Menteri Pertanian, Bupati Nyono Suharli menjelaskan bahwa produktivitas pertanian utamanya padi di Kabupaten Jombang setiap tahun meningkat. Pada tahun 2014, kata Bupati Nyono, Jombang mampu menghasilkan 430.561 Ton Padi, sedangkan Tahun 2015 meningkat menjadi 450.000 Ton. “Dan tahun 2016 harus meningkat, target kami 465.000 Ton padi,”jelas Bupati Nyono.

Atas peningkatan produksi pertanian khususnya padi ini, Mentan Amran Sulaiman memberikan apresiasi  terhadap pertanian di Jombang.  “Kalau produktivitas pertanian disini meningkat maka jangan kwatir anggaran untuk pertanian di Kabupaten Jombang akan saya tingkatkan,”kata Mentan yang langsung di sambut Aplaus dari para petani.

Mentan Amran juga berharap antara Pemda dan jajaran Forpimda terus berkoordinasi ,agar permasalahan terkait dengan pertanian dapat diatasi. Semisal masalah pupuk, Mentan meminta jangan sampai ada masalah, apalagi sampai ada mafia pupuk.  “Terima kasih Pak Dandim dan Pak kapolres, yang terus menjaga pupuk petani ini dari tangan  mafia pupuk di Jombang,”Ujar Mentan.

Dihadapan para petani, Menteri Pertanian Amran Sulaiman menegaskan dirinya akan "menghabisi" sejumlah pihak mafia yang selama ini selalu membuat kekisruhan distribusi beras sehingga menyusahkan masyarakat.  "Saya akan buat mata rantai distribusi beras menjadi sependek mungkin, tanpa harus melalui apa yang selama kita sebut middle men atau pedagang perantara, jadi tolong Bulog dapat menyerap gabah petani sebanyak mungkin," kata Mentan Amran.

Meskipun waktu itu susasana masih diwarnai hujan rintik,tetapi pertemuan singkat antara Menteri Pertanian RI,Amran Sulaiman dengan Para Petani ini di akhiri dengan peninjauan hamparan sawah yang ditanami padi yang dalam waktu dekat siap untuk dipanen.(ko/hs)
Lebih baru Lebih lama
Advertisement