Kec. Tamban Catur Juara Umum MTQ Kab.Kapuas 2016


KUALA KAPUAS - Kecamatan Tamban Catur rebut juara umum pada Pelaksanaan MTQ ke 42 Tingkat Kabupaten Kapuas Tahun 2016  di Kecamatan Basarang. Hal ini merupakan hasil keputusan Dewan Hakim, sedangkan untuk juara pertama jatuh pada Kecamatan Selat, juara kedua Kecamatan Pulau Petak dan juara ketiga jatuh pada Kecamatan Basarang.

Pengumuman itu disampaikan saat penutupan MTQ di Basarang, Rabu (20/4) malam. Di mana diketahui pelaksanaan MTQ ke 42 Tingkat Kabupaten Kapuas itu dimulai tanggal 17 April 2016 lalu. Penutupan malam itu dilakukan langsung oleh Bupati Kapuas Ir Ben Brahim S Bahat MM MT , ditandai dengan penekanan tombol sirene oleh Bupati Kapuas didampingi Ketua Umum LPTQ Kabupaten Kapuas Hidayatullah, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kapuas, Ketua Panitia Pelaksana.

Berdasarkan hasil Keputusan Dewan Hakim MTQ ke-42 Tingkat Kabupaten Kapuas Tahun 2016, untuk peserta pawai ta’aruf terbaik dan peserta favorit dalam rangka MTQ ke 42 Tingkat Kabupaten Kapuas Tahun 2016 untuk kategori kafilah jatuh pada kafilah Kecamatan Selat, juara kedua Kecamatan Kapuas Murung sedangkan juara ke tiga jatuh pada Kecamatan Basarang. Untuk kategori untuk pawai ta’aruf non kafilah tingkat umum dan SLTA sebagai juara pertama jatuh pada peserta Al Habsyi Khairunnisa, juara kedua Al Habsyi Al-Manar dan juara ketiga Pondok Pasantren Nurul Iman.

Sedangkan untuk tingkat SD dan SMP sebagai juara pertama dalam pawai ta’aruf diraih oleh MIS Fajar Islam, juara kedua MTs Fajar Islam dan juara ketiga SMPN-2 Basarang.Dan peserta pawai ta’aruf terpavorit sebagai juara pertama diraih oleh peserta dari perguruan silat sehati Basarang, juara kedua diraih oleh Ganjur Bali Basarang Jaya dan sebagai juara ketiga diraih oleh peserta dari Remaja Masjid Nor Taqwa Basarang Km. 9,5.

Sedangkan sebagai peserta terbaik I, II, III serta harapan I, II dan III pada MTQ ke 42 Tingkat Kabupaten Kapuas Tahun 2016 pada masing-masing peringkat dan golongan diantaranya, Tartil Qur’an, Tilawah Qur’an, Hifzhil Qur’an, Khattil Qur’an, Syarhil Qur’an, Fahmil Qur’an, diberikan hadiah berupa piala dan piagam penghargaan serta uang pembinaan dari Panitia dan nantinya kepada para juara akan diikutsertakan dalam Musabaqah Tilawatil Qur’an ke 28 Tahun 2016 yang dilaksanakan mulai tanggal 26 Mei 2016 sampai dengan 3 Juni 2016 di Palangka Raya.

Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat dalam sambutannya mengharapkan pelaksanaan MTQ kedepan  agar dapat lebih meningkat lagi, baik kualitas maupun kuantitasnya, dan kepada Kecamatan yang dipercayakan dapat mengambil pengalaman di Kecamatan Basarang. Ini agar lebih suskses dalam pelaksanaanya, baik sukses sebagai tuan rumah, sukses dalam penyelenggaraan dan sukses dalam prestasi, serta berharap kepada seluruh kafilah agar selalu melakukan pembinaan terhadap para qori dan qoriuah baik dalam bidang qiroah maupun maumalahnya.

Lebih jauh dikatakannya bahwa penyelenggaraan MTQ ataupun kegiatan keagamaan lainya hendaknya dapat dijadikan sebagai sarana untuk meningkatkan kadar keimanan dan ketaqwaan, mengingat pelaksanaan pembangunan harus senantiasa dijiwai, digerakan dan dikendalikan oleh nilai keimanan dan ketaqwaan.

Kepada para pemenang Ben menyampaikan selamat atas prestasi yang dicapai, dan berharap agar dapat mempersiapkan diri untuk mengikuti pembinaan yang dilaksanakan oleh LPTQ Kabupaten Kapuas, guna persiapan dalam rangka mengikuti MTQ Tingkat Provinsi di Kota Palangka Raya pada bulan mei yang akan datang.Sedangkan kepada peserta yang belum berhasil Ben berharap agar terus melakukan upaya peningkatan kemampuan, sehingga pada saatnya nanti mampu meraih prestasi yang diharapkan.

Sementara itu dalam kesempatan yang sama ketua panitia Aswan yang juga camat Basarang ini, dalam laporanya menyampaikan bahwa semua cabang yang diperlombakan dan pelaksanaan MTQ ke-42 Tingkat Kabupaten Kapuas Tahun 2016 dan seluruh kegiatan dapat terlaksana dan berjalan dengan baik dan lancar, hal tersebut dapat terlaksana berkat kerja sama dukungan dan partisipasi dari semua pihak baik moril maupun materil, untuk itu dia atas nama panitia dan juga atas nama Pemerintah Kecamatan Basarang menyampaikan penghargaan dan ucapan terima kasih yang setinggi-tingginya.

Pantauan di lapangan, acara penutupan dimeriahkan dengan penampilan Laski Kabupaten Kapuas binaan Ketua TP.PKK Kabupaten Kapuas Ny.Ary Egahni Ben Bahat,SH serta penampilan Ibu-ibu unsur FKPD Kabupaten Kapuas beserta isteri para Kepala SKPD Kabupaten Kapuas yang langsung dipimpin oleh Ny.Ary Egahni Ben Bahat,SH dengan membawakan lagu-lagu bernuansa islami serta hiburan lainya. 

Penutupan MTQ tersebut juga dihadiri oleh Wakil Bupati Kapuas H Muhajirin beserta Isteri, Ketua DPRD Kabupaten Kapuas, unsur FKPD Kabupaten Kapuas, Ketua Pengadilan Negeri dan Ketua Pengadilan Agama Kabupaten Kapuas, Sekda,  para Kepala SKPD,  Asisten dan staf Ahli serta para Kepala Bagian di lingkungan setda Kapuas yang juga masing-masing didampingi isteri. (nata)
Lebih baru Lebih lama
Advertisement