Jelang Puasa, Stok Daging Di Kab. Blitar Mengalami Surplus

BLITAR – Jelang Ramadhan, pengiriman daging dari luar Kabupaten Blitar diprediksi akan mengalami peningkatan. Sejauh ini, Kabupaten Blitar dikenal sebagai salah satu penghasil daging terbaik dan jumlah ternak salah satu yang terbesar di Indonesia. 

Kasi Produk Pangan Asal Hewan Dinas Peternakan Kabupaten Blitar, Nanang Mifthahudin mengatakan, berdasarkan pemantauan yang dilakukan Dinas Peternakan, sejauh ini tidak ada kekawatiran terkait dengan kekurangan daging pada bulan puasa dan lebaran nanti karena saat ini stok daging di Kabupaten Blitar mengalami surplus. 

"Kami yakinkan stok daging aman, meskipun jumlah permintaan daging dari luar daerah pada bulan puasa diprediksi ada peningkatan sebesar 20% , masyarakat Kabupaten Blitar tetap bisa mengkonsumsi daging karena stok kita mengalami surplus,” kata Nanang kepada  Media , Senin (23/5/2016). 

Lanjut Nanang, untuk pengiriman daging keluar Provinsi sejauh ini terbanyak adalah daging ayam, daging bebek dan daging sapi dengan terbanyak dikirim ke Provinsi Bali dan Batam. Di kedua daerah itu setiap hari selalu ada pengiriman daging. "Setiap hari ada pengiriman, ini setelah ada surat permohonan yang diajukan kepada kami. Untuk pengiriman produk pangan asal hewan harus selalu disertai dengan surat dari daerah asal,” terangnya. 

Nanang menambahkan, untuk Provinsi Bali rata-rata untuk daging ayam ada pengiriman 2 kwintal dan untuk daging sapi rata-rata 1 kwintal. Sedangkan untuk Batam, pengiriman daging ayam dan daging bebek rata-rata ada pengiriman 1 sampai dengan 2 kwintal. Jumlah ini diprediksi akan mengalami peningkatan sebesar 20 persen pada bulan puasa nanti. (dro)
Lebih baru Lebih lama
Advertisement