Bappeda Gelar Rapat Pleno BKPRD TA 2



Kepala Bappeda, Nurkhamdani ST, MT saat menyampaikan laporannya dalam rapat pleno BKPRD 2016
PROBOLINGGO - Bertempat di ruang Shaba kantor sekretariat Pemkot Probolinggo, Selasa (28/6) di digelar Rapat Pleno Badan Koordinasi Penataan Ruang Daerah Tahun Anggaran 2016. Acara yang diprakarsai bidang Fisik dan Prasarana Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Pemkot Probolinggo ini, selain membahas terkait penataan ruang daerah diantaranya merumuskan penyusunan rencana tata ruang kota, juga  mengagendakan pembentukan BKPRD  (Badan Koordinasi Penataan Ruang Daerah).

Hadir dalam kesempatan tersebut, Walikota Hj Rukmini, Sekda H Jhoni Haryanto, Kepala SKPD serta Lurah se kota Probolinggo.  Nurkhamdani ST, MT selaku Kepala Bappeda dalam laporannya mengatakan even ini terselenggara mengacu pada Keputusan walikota Probolinggo Nomor : 188.45/367/KEP/425.012/2016 selain itu agenda rapat pleno ini bertujuan mengimplentasikan bentuk BKPRD sebagai badan yang mempunyai peran vital dalam pengusung penataan ruang daerah. Nurkhamdani juga menerangkan tugas dari perencanaan tata ruang adalah, mengkordinasikan dan merumuskan penyusunan rencana tata ruang kotamemaduserasikan rencana pembangunan jangka panjang dan menengah, dengan rencana tata ruang kota, serta mempertimbangkan pengarusutamaan pembangunan berkelanjutan, melalui instrument kajian lingkungan hidup strategis (KLHS ).

Sementara Walikota Hj Rukmini dalam sambutannya menyampaikan  tugas dari pengendalian dan pemanfaatan ruang salah satunya adalah, mengkordinasikan penanganan dan penyelesaian permasalahan, dalam pemanfaatan ruang dikota, dan memberikan pengarahan serta saran pemecahannya.

“Rapat kerja BKPRD, merupakan forum penataan ruang yang melibatkan SKPD terkait, yang diselenggarakan satu tahun sekali dengan tujuan, mengevaluasi agenda kerja BKPRD, dan menginventarisir permasalahan penataan ruang didaerah “Ujar Walikota Rukmini.

Selain itu rapat pleno ini juga telah menyusun keanggotaan BKPRD tahun anggaran 2016 yang dikomandoi Walikota sebagai penanggungjawab, sekda sebagai Ketua serta sekretaris badan ini dipegang oleh Kepala Bappeda Nurkhamdani ST.MT.

Ditempat yang sama Ari Puspita ST, MAP Kabid Fisik dan Prasarana Bappeda kota Probolinggo saat dikonfirmasi terkait kegiatan tersebut mengatakan dengan rapat pleno ini diharapkan adanya sinkronisasi dan harmonisasi hubungan antar lembaga dalam Struktur organisasi BKPRD yang telah dibentuk. “Kita harapkan akan nada hubungan harmonis antar lembaga, sehingga struktur yang ada ini dapat terlihat kinerjanya.”Ujar Ari. (Suh)
Lebih baru Lebih lama
Advertisement