Di Ponorogo Aksi Jambret Makin Menggila

PONOROGO – Jika diibaratkan pertandingan sepakbola, penjambret sudah mencetak quintrick. Lima kali beraksi, tak satu pun penjambret yang berhasil ditangkap polisi. Kemarin (6/6), di hari pertama bulan suci Ramadan, jambret beraksi di ujung Jalan Thamrin. Kali ini, seorang karyawan pusat perbelanjaan yang hendak pergi ke kantor dijambret. Lokasinya sama dengan kasus sebelumnya. Selain itu, pelaku juga punya ciri yang hampir sama.

Korban jambret adalah Sukin, 42, warga Patihan Wetan, Babadan. Perempuan itu sekitar pukul 11.30 hendak menuju tempatnya bekerja di Jalan Jenderal Sudirman. Dia membawa tas kecil dan diletakkan di bagasi bagian depan sepeda motornya. Sukin melalui Jalan Thamrin dan hendak menuju Jalan Soekarno-Hatta. Namun, belum sampai di Jalan Soekarno-Hatta ada pengendara yang membuntuti Sukin. ‘’Namun saya tidak merasa, baru tahu di ujung Jalan Thamrin,’’ katanya.

Di ujung Jalan Thamrin atau sekitar Toko Murni, laju pelan sepeda motor Sukin tiba-tiba disalip pengendara tidak dikenal. Dengan cepat pelaku mengambil tas kecil milik Sukin. Kaget, korban mencoba menghindar. Namun, gerak tangan penjambret lebih cepat. Korban sempat ditendang lantaran penjambret kesal. ‘’Saya tidak jatuh, masih bisa mengendalikan sepeda motor,’’ tuturnya.

Begitu mendapatkan barang yang diinginkan, penjambret langsung kabur menuju Jalan Soekarno-Hatta dan menghilang ke arah selatan. Meski panik, Sukin tetap bisa mengendalikan diri. Dia mencoba fokus mengingat ciri-ciri penjambret. Yang dia ingat, penjambret berperawakan kecil, mengenakan kaus merah dan mengendarai sepeda motor matik. Akibat peristiwa itu, dia kehilangan beberapa surat berharga seperti SIM dan STNK. Serta, uang tunai Rp 200 ribu. 

Kasatreskrim Polres Ponorogo AKP Rudi Darmawan dikonfirmasi terkait banyaknya aksi penjambretan di bumi reyog mengatakan, polisi tidak tinggal diam. Dia menegaskan saat ini polisi sudah mendapat titik terang pengembangan kasus tersebut. Diduga, ada seseorang yang berperan sebagai penadah barang curian setiap aksi penjambretan. ‘’Saat ini petunjuk sudah ada dan kami akan terus melakukan penyelidikan. Mudah-mudahan pelaku bisa segera tertangkap,’’ paparnya. (mn, RP)
Lebih baru Lebih lama
Advertisement