Pemkot Gelar Penganugerahan Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2019


Walikota saat memberikan penghargaan, Hadian dan piala kepada para pemenang GIPP tahun 2019.

PROBOLINGGO - Bertempat di Ballroom Hotel dan Resto Paseban Sena Jalan Suroyo kota Probolinggo dilaksanakan kegiatan Gelar Penganugerahan Inovasi Pelayanan Publik (GIPP) yang merupakan puncak dari rangkaian penilaian yang selama ini dilakukan Bagian Organisasi Pemkot Probolinggo bekerja sama dengan Jawa Pos Radar Bromo, Kamis (11/4).
 
Hadir dalam kegiatan yang juga diisi dengan kegiatan seni oleh tim seniman Padang Howo tersebut, Walikota Probolinggo Hadi Zainal Abidin, Wakil Walikota, Sekda, Asisten, Staf ahli, Ketua DPRD, Kepala OPD dilingkup pemkot Probolinggo, PDAM, Camat, Lurah, UPT, dan 10 SMPN dikota Probolinggo. 

Dra Heri Astuti M.Si, Kepala Bagian Organisasi dalam laporannya mengatakan latar belakang dilaksanakan kegiatan Gelar penganugerahan inovasi pelayanan publik dilingkungan Pemkot Probolinggo  yakni dalam rangka melaksanakan gerakan satu instansi satu inovasi guna mempercepat peningkatan kualitas pelayanan publik melalui pembangunan dan pengembangan inovasi pelayanan publik “Maka Pemkot Probolinggo berkomitmen memberikan sarana untuk menampung inovasi seluruh unit penyelenggara layanan publik dan memotivasi innovator dengan diselenggarakannya kompetisi inovasi ini.”Ujarnya.

Lebih lanjut Heri Astuti menjelaskan maksud dan tujuan diselenggarakannya gelar penghargaan inovasi pelayanan publik ini yaitu untuk memberikan penghargaan kepada unit pelayanan public yang mempunyai inovasi terkait “Sedangkan tujuan GIPP ini yakni untuk mendorong peningkatan pelayanan publik melalui inovasi, kemudian sebagai upaya mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan dan  menetapkan inovasi pelayanan publik terbaik sebagai bahan melakukan transfer pengetahuan replikasi inovasi serta menjaring inovasi pelayanan publik terbaik untuk diikutsertakan dalam kompetisi tingkat provinsi dan nasional. ”Ujarnya.

Seperti diketahui, GIPP sendiri telah dilakukan sejak tahun 2016. Kegiatan ini diadakan setiap 2 tahun sebagai wujud apresiasi atas prestasi dan inovasi yang dilakukan jajaran instansi pelayanan publik di lingkungan Kota Probolinggo. Instansi pemerintah diminta untuk selalu menciptakan inovasi pelayanan publik dengan tujuan memberi kemudahan bagi masyarakat dalam memenuhi kebutuhan layanan. 

Dari kegiatan ini telah muncul sejumlah inovasi menarik, diantaranya SI INOL AJA (Sistem Inovasi Layanan Arisan Jamban) dari UPT Puskesmas Wonoasih dan PELITA SI ABAH (Pemanfaatan Limbah Tahu sebagai Alternatif Bahan Bakar Murah dan Ramah Lingkungan) dari Dinas Lngkungan Hidup (DLH) kota Probolinggo. 

Selanjutnya nominasi 15 inovasi terbaik tingkat kota nantinya akan diikutsertakan dalam kompetisi inovasi pelayanan publik tingkat provinsi dan kementerian yakni Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) tingkat nasional yang diselenggarakan kementerian PAN-RB 1 Maret sampai 21 April ini. Dari kegiatan ini para pemenang inovasi yang terbaik akan mendapatkan reward, Piala dan penghargaan. 

Dalam kesempatan tersebut, Walikota Habib Hadi Zainal Abidin berkesempatan memberikan penghargaan kepada para pemenang inovasi Pelayanan Publik tahun 2019. “Diharapkan dengan penghargaan ini, akan dapat menambah semangat pada unit menyangkit inovasi yang bertujuan memberi kemudahan bagi masyarakat dalam memenuhi kepentingannya.”Ujar Walikota. (Suh)
Lebih baru Lebih lama
Advertisement