Sekda Kab. Tanbu Buka Rakor Antisipasi Karhutla


BATULICIN - Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu ( Tanbu) menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Kesiapan Daerah dalam menghadapi Bencana Asap akibat Kebakaran Hutan Dan Lahan.(Karhutla). Rakor ini di buka Bupati Tanah Bumbu melalui Sekretaris Daerah Kabupaten Tanah Bumbu (Sekdakab Tanbu) H.Rooswandi Salem, di ruang Rapat Bersujud 1 Selasa (23/07/19).

Dikatakan Sekda, Pemkab Tanbu memberikan perhatian serius terhadap ancaman bencana asap  akibat Karhutla) di Daerah ini. Yaitu terus dibangunnya  kerjasama dengan berbagai perusahaan  dan lintas sektoral lainnya, sebagai langkah kesiapsiagaan tersebut.

Tekannya,  Karhutla di Daerah ini harus diantisipasi sedini mungkin. Apalagi melihat kondisi geografis nya, Tanah Bumbu bagian daerah rawan terjadinya Karhutla tersebut. "Dengan langkah sedini mungkin itu ,maka upaya penanggulangan bencana nya perlu ditangani secara komprehensif,multi sektor ,terpadu dan terkoordinasi,"kata Sekda  sekaligus membuka acara tersebut.

Langkah tehknisnya, lanjut Rooswandi sejatinya dibentuk Tim Tekhnis daerah penyusunan kajian resiko bencana daerah serta pelatihan peningkatan kapasitas relawan masyarakat perduli api. 

"Terkait dalam Rakor upaya pencegahan ini, kami sangat berharap,akan menghasilkan rumusan rumusan terbaik dan kesepahaman dalam penyusunan perencanaan penanggulangan bencana di daerah ini, agar kita mampu mengindentifikasi,menganalisis dan mengambil tindakan pencegahan dan mitigasi bencana, "tandasnya. 

Mengakhiri sambutannya, Sekda mengajak semua pihak yang terlibat dalam upaya pencegahan ini untuk saling menguatkan komitmen dalam  upaya kesiapsiagaan yang sudah dirumuskan bersama. 

"Kita harus bangun komitmen itu, kerena salahsatu keunggulan yang harus kita tonjolkan  di syarat terbentuk nya ibu kota negara,  kita harus berupaya supaya daerah ini selalu terbebas dari bencana asap,kerena ini akan menjadi sebuah penilaian dari pemerintah pusat, mudah mudahan kita saling membahu untuk mengatasi bencana itu, "pungkasnya.

Sementara itu, Rakor dihadiri Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kab. Tanah Bumbu, pejabat dilingkup Pemkab Tanbu, Kepala KPH Kusan serta perwakilan pimpinan perusahaan. (irfan)
Lebih baru Lebih lama
Advertisement