Siap Membantu, LH Berharap, Pemilik Pasar Tanjungsari 77 Mengurus Izinnya



Surabaya – Akhirnya pasar buah di Jalan Tanjungsari 77 Kota Surabaya, Jawa Timur, di segel oleh ratusan petugas keamanan gabungan Satpol PP dan Polres Pelabuhan Tanjung Perak. Pada Selasa ( 6 / 8 / 2019 ) tanpa adanya perlawanan.

"Sesuai dengan rencana semalam (5/6), kami tidak melakukan perlawanan. Kondisi pasar dalam kondisi kosong saat petugas datang. Kami saat ini 'cooling down' dulu," kata pemilik usaha pasar buah Tanjungsari 77, Ismail, di Surabaya.

Pasalnya, penyegalan dilakukan karena  PT. Maju Terus Kawan melanggar perubahan kegiatan/usaha di Tanjungsari 77, yang semula gedung penyimpana buah menjadi pasar buah tanpa dilengkapi izin lingkungan. Hal ini melanggar pasal 9 ayat 1 dan pasal 11 ayat 1 Peraturan Wali Kota Surabaya Nomor 74 Tahun 2016 tentang izin lingkungan. 

Meski tanpa ada perlawanan, kondisi di Pasar Buah Tanjungsari 77 saat ini masih dijaga ketat petugas keamanan polisi dan Satpol PP. Bahkan petugas keamanan memasang pagar kawat berduri di depan pasar dan menempelkan tanda segel di pintu depan pasar.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Surabaya Eko Agus Supiadi mengatakan bahwa, jauh – jauh hari saya sudah mengingatkan, untuk merubah izinnya, yakni izin lingkungannya , yang semula diperuntukan gudang buah, harus diganti izin lingkungan pasar.

“Selama peralihan perizinan lingkungan dari gudang ke pasar, tidak dilakukan oleh pemilik pasar buah. Maka penyegelan akan terus dilakukan, jika dia mengurus izinnya, otomatis pasar buah ini bisa beroperasi lagi,” papar Eko Agus Supiadi.

Untuk saat ini, lanjut Kepala Dinas Lingkungan Hidup ( LH ) Pemkot Surabaya, pihaknya masih menunggu niat baik pihak pemilik pasar buah, untuk segera mengurus izinya. Karena sudah diubah peruntukannya, agar bisa berjualan lagi.

“Saya berharap pemilik pasar buah Tanjungsari 77 mengurus izinnya, agar tidak bermasalah. Kami siap membantu dan tidak akan mempersulit, jika meraka mau mengurus izinya,” ujar Kepala Dinas Lingkungan Hidup Pemkot Surabaya. ( Ham )  

Lebih baru Lebih lama
Advertisement