Koramil 0820/18 Kotaanyar Pelopori Pembersihan Sungai Cegah Bahaya Banjir


PROBOLINGGO - Karya Bhakti pembersihan bantalan sungai merupakan salah satu upaya yang dilakukan untuk mencegah terjadinya banjir atau luapan air sungai yang disebabkan banyaknya sampah dan tumbuhan rumput liar yang ada di sepanjang pinggiran sungai yang sudah mengalami pendangkalan sehingga membuat tersendatnya arus aliran air.  Jumat (27/12/19)

Di aliran sungai Desa Triwungan dan Desa Kotaanyar Kecamatan Kotaanyar Kabupaten Probolinggo, pagi ini Koramil 0820/18 Kotaanyar bersama Forkopimka Kotaanyar menggelar Karya Bhakti dalam rangka mencegah terjadinya banjir dan luapan air sungai ke kepemukiman masyarakat dengan mengadakan pembersihan disepanjang aliran sungai di dua Desa tersebut.

Kegiatan Karya Bhakti ini diikuti oleh Personel Koramil 0820/18 Kotaanyar, Polsek Kotaanyar, Camat beserta Sekcam Kotaanyar, anggota DLH 3 orang, Personil Puskesmas 3 orang, LSM dan warga masyarakat sekitar 60 orang dengan dengan satu  tujuan agar aliran sungai yang berada di wilayah Kecamatan Kotaanyar bebas dari banjir dan meluapnya air yang akan berdampak buruk bagi kesehatan masyarakat khususnya di Kecamatan Kotaanyar.


Kapten Czi Hartoyo (Danramil 0820/18 Kotaanyar) saat ditemui awak media menyampaikan  Karya Bhakti itu dilakukan sebagai langkah antisipasi dan upaya untuk mencegah banjir atau luapan air sungai.

“Kami berharap dengan Karya Bhakti ini apabila intensitas hujan meningkat, air sungai tidak sampai meluap karena alirannya sudah lancar bersih dari sampah dan tumbuhan Liar yang berada dipinggiran sungai yang mengalami pendangkalan, Karena luapan air sungai ini bisa menggenangi permukiman yang disebabkan menumpuknya sampah limbah rumah tangga yang dibuang masyarakat sekitar bantaran sungai.

Kami  menghimbau kesadaran masyarakat terhadap lingkungan agar tidak lagi membuang sampah kesungai yang akan menyebabkan banjir kembali" Pungkas Kapten Czi Hartoyo, Komandan Koramil 0820/18 Kotaanyar kepada awak media.

Ucapan terima kasihpun disampaikan oleh Saiful sebagai tokoh pemuda kepada bapak anggota Koramil dan Polsek beserta instansi terkait lainnya yang telah membantu masyarakat untuk melakukan karya Bhakti pembersihan sungai di dua Desa di Kecamatan Kotaanyar ucapnya kepada awak media yang berada di lokasi kegiatan. (suh)
Lebih baru Lebih lama
Advertisement