Atlit Cabor Dayung SMKN 4 Kota Probolinggo Torehkan Prestasi Dalam Even Porprov Jatim 2023

 
Probolinggo - Momen Pekan Olahraga Provinsi Jawa Timur (Porprov Jatim) VIII/2023 menjadi bagian dari catatan sejarah keberhasilan dan prestasi taruna taruni SMKN 4 kota Probolinggo di ajang tersebut. Invitasi olahraga dua tahunan ini berlangsung di Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Mojokerto, Kota Mojokerto, dan Kabupaten Jombang selama delapan hari, tanggal 9-16 September 2023.

Dalam ajang tersebut, SMK Negeri 4 Kota Probolinggo lagi-lagi menorehkan prestasinya di bidang olahraga. Mohammad Fathoni Ade Sapri, salah satu taruna program keahlian NKN (Nautika Kapal Niaga) berhasil mempersembahkan medali perunggu bagi Kota Probolinggo di ajang Porprov Jatim tahun ini. Remaja yang akrab dipanggil dengan Toni ini tampil di kelas Kano Slalom Putra.

Putra bungsu dari pasangan Alm. Sapri dan Astutik ini mengaku senang dan bangga dengan pencapaiannya mendapatkan medali perunggu di gelaran Porprov Jatim 2023.  Ia bercerita bahwa even ini merupakan kejuaraan pertama kali yang ia ikuti di kelas Canoe Slalom putra se Jawa Timur. “Alhamdulillah tidak sia-sia giat berlatih dalam waktu sesingkat ini serta terus berdoa dan meminta restu kepada orang tua. Tanpa restu orang tua saya tidak yakin akan bisa mencapai hasil seperti saat ini.” ujar penyuka nasi goreng ini.


Tak hanya Toni, belasan taruna dan taruni SMKN 4 Kota Probolinggo lainnya ikut berpartisipasi dalam cabor dayung pada gelaran Porprov Jatim VIII tersebut. Mereka antara lain Aditya Prabowo, Anggun Restu Damayanti, Aditya Pratama, Denny Dwi Putra H., Ega Aril Firmansyah, Evanda Noverio Putra R. S., Fandira Putra Febriansyah, Fardy Ilham Dewantoro, Ferdy Catur C.R., Ifan Arifin, Jefri Nurdianto, Maulana Rizky H., Moch. Abdul Wahid, Moh. Gempar Fatahillah, Moh.Jefri, Moh. Umar Diansyah, Rachmat Ainul Yakin.

Sebelum dipastikan berangkat sebagai atlit cabor dayung kontingen Kota Probolinggo, mereka semua menjalani seleksi yang diselenggarakan oleh PODSI Kota Probolinggo. Tahapan seleksi tersebut meliputi postur badan, teknik dayung serta ketahanan mendayung. Setelah lolos seleksi mereka tergabung dalam 38 atlit cabor dayung yang berlaga di Long Storage Kalimati, Desa Kwatu Kecamatan Mojoanyar Kabupaten Mojokerto.

Ketua PODSI Kota Probolinggo sekaligus Kepala BPBD Kota Probolinggo, Sugito Prasetyo, menyampaikan bahwa taruna-taruni yang tergabung dalam tim cabor dayung Kota Probolinggo memiliki semangat juang yang tinggi serta berdedikasi. Hal ini tentu tak lepas dari kerjasama yang apik antara PODSI Kota Probolinggo dengan SMKN 4 Kota Probolinggo.
Zaenal Fanani, pembina internal ekstrakurikuler dayung, mengatakan bahwa SMKN 4 Kota Probolinggo berkomitmen penuh dalam menyelenggarakan ekstrakurikuler ini secara rutin untuk menghasilkan bibit-bibit unggul. Terbukti puluhan taruna-taruni dari berbagai tingkat dan program keahlian mengikuti latihan rutin setiap hari Jumat dan Sabtu yang bertempat di kantor BPBD Kota Probolinggo.

Terhadap prestasi yang berhasil ditorehkan siswa siswi (taruna taruni) sekolah ini, sudah selayaknya apresiasi wajib diberikan baik pada siswa, guru maupun pihak lain yang telah berkontribusi bagi kemajuan SMKN 4 Kota Probolinggo ini. Semoga prestasi dari siswa lembaga ini baik akademik maupun non akademik akan terus berkelanjutan bahkan mampu menempus skala nasional. (Suh)

Lebih baru Lebih lama
Advertisement