Pagelaran Akbar Gandrung Sewu Mengambil Tema Omprog “The Glory of Art”

BANYUWANGI - Pagelaran akbar acara Festival  Gandrung Sewu Banyuwangi Jawa Timur, merupakan agenda tahunan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banyuwangi yang sudah mendunia.Pagelaran tari  tradisional yang melibatkan ribuan penari secara kolosal dari kalangan pelajar dan umum, awalnya digelar sejak tahun 2012di pantai BOOM pada masa bupati H. Abdulah Azwar Anas yang sekarang menjabat Menteri PAN-RB, dengan tujuan untuk mengenalkan kebudayaan Banyuwangi khususnya tari Gandrung yang menjadi ikon Banyuwangi ke khalayak luas.

Menurut keterangan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banyuwangi Bramuda “ Tari Gandrung mulanya berasal dari kebudayaan Suku Osing dan menjadi dari rasa syukur atas hasil panen pertanian .Dalam pementasannya ,Tari Gandrung pada awal mulanya ditampilkan oleh penari laki-laki  bernama Masran.”Jelasnya

Festival Gandrung Sewu 2023 berbeda di Jadwalkan berlangsung di Pantai Marina BOOM Banyuwangi pada tanggal 14-16 September 2923 , yang di belakangnya membentang laut selat Bali berkolaborasi dengan event tahunan Pelangi Nusantara TNI AU yang akan menampilkan berbagai pesawat yang dimiliki mulai dari Jupiter Aerobatic Team. Fly Past Pesawat Tempur, Joy Flight, juga olah raga dirgantara Terjun Payung  dan Paramotor/Trike.

Tahun 2023 Festival Gandrung Sewu Banyuwangi mengambil Tema OMROG “The Glory of Art” merupakan kisah  perjuangan seorang ratu . yang nanti diperagakan penari berjumlah 1200 penari kalangan pelajar dan umum dari pelosok Banyuwangi.

Undangan sudah terdaftar 7000 ,ini menunjukkan animo publik yang luar biasa, tetapi  kuotanya kursi di Pantai Marina BOOM hanya 4000. Hadir juga dari Kementrian PAN-RB.Kementrian Pariwisata Ekonomi Kreatif. Kementrian Kemaritiman dan Investasi . TNI AU,dan banyak lagi Katanya

“Pegelaran event Gandrung Sewu merupakan penguatan budaya di Banyuwangi, dan tari Gandrung sudah menjadi ikonik Pemerintah Daerah Banyuwangi . sekarang Gandrung tidak saja di Banyuwangi, sekarang sudah mendunia . Bahkan kemarin di Hongkong. Korea .Amerika mulai di tampilkan.” Ungkapnya

Termasuk hari ini ada polentir (anak-anak yang membantu tugas tari Gandrung, dan semua itu rata-rata dari luar daerah dan senang memakai baju Gandrung. Jadi Gandrung sekarang sudah di gandrungi masyarakat tidak hanya Banyuwangi.

“Dengan adanya even Gandrung Sewu ini diharapkan Wisatawan juga Banyak, sehingga perputaran ekonomi di Banyuwangi juga tinggi. UMKM tidak ketinggalan ikut andil tersebar ada 50 menggelar produknya selama 3 hari.” Pungkasnya. (Jok)

Lebih baru Lebih lama
Advertisement