Selesaikan Masalah Sosial di Indonesia, Ini Bantuan Mensos Risma di Pulau Mapia

 


Suarabaya- Upaya menyelesaikan masalah sosial yang ada di Indonesia. Menteri Sosial RI Tri Rismaharini menyatakan bahwa setiap penyelesaian masalah dan pendekatan serta solusinya berbeda-beda.

Ini disampaikannya saat Mensos Risma, sapaan akrab Tri Rismaharini, berbincang dengan awak media massa di Surabaya. “Kita harus lihat akar masalahnya dulu, kita gali betul. Karena dalam masalah yang sama, solusinya bisa jadi berbeda,” katanya, Sabtu (16/9).

Dia mencontohkan salah satu wilayah di Papua yang diberikannya bantuan motor trail listrik. Menurutnya, pemilihan motor trail karena disesuaikan dengan kondisi wilayah. Motor tersebut cocok dengan kawasan setempat.

Kenapa motor listrik dipilih, karena jangkauan BBM masih terkendala. “Sedangkan untuk sumber listrik memakai solar cell, sebab di kawasan itu memang belum ada listrik,” jekasnya.

Mensos Risma kemudian mencontohkan hal yang lain. Dalam kunjungannya ke kawasan lain di Papua, Kementerian Sosial memberikan bantuan makanan siap saji. Makanan itu menunya rendang.

“Menurut kita itu sudah enak, tapi ternyata mereka kurang berkenan,” ujar Mensos Risma.

Contoh lain saat Kementerian Sosial mengunjungi salah satu daerah di Aceh. Tempat tersebut harus ditempuh perjalanan tiga jam dari kota. Di tempat itu, pihak Kemensos memberikan bantuan beras.

“Ternyata warga inginnya justru dibantu palawija, bukan beras,” ungkap Mensos Risma.

Namun Kejadian sebaliknya, di kawasan yang lain, bantuan didatangkan palawija. Tetapi justru warga menginginkan beras. “Jadi, memang tidak sama penyelesaian masalahnya,” ujar Risma kembali.

Masih Mensos Risma, ia bersama rombongannya pernah berangkat menuju pulau terluar Mapia yang berada di Pasifik dengan menggunakan KRI dr. Wahidin Sudirohusodo 991.

Pulau Mapia, Kabupaten Supiori Papua berada di utara Papua dan berbatasan dengan Filipina dan Negara Kepulauan Palau yang berada di samudera Pasifik. Mensos Risma mengatakan, masyarakat disana membutuhkan listrik dan juga air bersih.

“Di Mapia itu, masyarakatnya mengalami kesulitan penerangan yaitu listrik bahkan, juga air bersih, maka  saya kesana menyalurkan bantuan berupa Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJUTS) yakni, solar Home System’ dan juga sarana penyulingan air bersih,” ujarnya. (Ham)

Lebih baru Lebih lama
Advertisement