Wapres Serahkan Anugerah Revolusi Mental 2023, Menko PMK: Bentuk Apresiasi kepada Tokoh Perubahan


JAKARTA - Sebagai bentuk apresiasi terhadap semua pelaku atau agen perubahan yang mencerminkan Gerakan Nasional Revolusi Mental di seluruh pelosok Nusantara, maka Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) kembali menghelat Anugerah Revolusi Mental (ARM) 2023, di Istana Wakil Presiden RI Jakarta, pada Rabu (20/12/2023). 

Dalam sambutannya, Wakil Presiden Republik Indonesia  Ma'ruf Amin menegaskan bahwa Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM)  sesungguhnya mencerminkan watak dan perilaku asli masyarakat Indonesia.  Nilai-nilai luhur yang mengakar dalam kehidupan masyarakat akan menjadi pilar penyangga persatuan dan kesatuan. 

“Integritas, etos kerja, dan gotong royong, merupakan tiga nilai utama  revolusi mental yang mesti senantiasa dihidupkan dan ditransmisikan dalam praktik keseharian individu, keluarga, masyarakat, bangsa dan negara,” pinta Wapres saat memberikan sambutan.

“Nilai-nilai hanya akan bermakna, jika diwujudkan dalam laku nyata. Nilai-nilai akan lebih bermakna, jika dampak positifnya dirasakan oleh masyarakat. Untuk itu, pesan saya agar Gerakan Nasional Revolusi Mental kian membumi, menuju negeri Indonesia yang baldatun thayyibatun wa rabbun ghafur, " imbuh  Wapres Ma'ruf Amin.

Dengan demikian, menurut Wapres,  Indonesia akan sanggup berdiri tegak dalam kemandirian, serta bertumbuh menjadi bangsa yang maju, berdaulat, dan bermartabat. Lebih jauh, pada acara yang mengusung tema “Jaga Integritas Diri untuk Satukan Negeri” ini, Wapres mengajak seluruh komponen bangsa untuk menghimpun kekuatan dan kemandirian untuk bertumbuh menjadi bangsa yang maju, berdaulat, dan bermartabat.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menyampaikan, Anugerah Revolusi Mental Tahun 2023 yang merupakan penyelenggaraan ketiga kalinya, menjadi momentum baik untuk memberikan apresiasi dan penghormatan bagi agen perubahan dalam aksi nyata GNRM.

"Ini sekaligus menjawab tantangan dalam pelaksanaannya di tataran grassroot," ucap Menko PMK saat menyampaikan laporan Anugerah Revolusi Mental kepada Wakil Presiden Ma'ruf Amin di kesempatan yang sama.

Lebih lanjut, Muhadjir menerangkan, sesuai amanat Inpres No. 12/2016, GNRM memberikan semangat perubahan yang dampaknya dirasakan oleh seluruh komponen bangsa. Hal itu tercermin dari Indeks Capaian Revolusi Mental (ICRM) tahun 2021 mencapai 70,47, menunjukkan peningkatan 3,46 poin dari capaian tahun 2018 sebesar 67,01. 

"Peningkatan ini mencerminkan kemajuan bangsa Indonesia dalam mewujudkan cita-cita Revolusi Mental yang dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo," ujar Muhadjir.

Namun demikian, Menko PMK menerangkan, masih diperlukan kolaborasi dan solidaritas yang kuat dari para pelaku perubahan dalam mempraktikkan dan membudayakan nilai-nilai maupun tujuan Revolusi Mental bagi kemajuan bangsa melalui aksi nyata.

"Tujuan dari GNRM adalah terwujudnya penyelenggara negara dan masyarakat yang semakin Melayani, Bersih, Tertib, Mandiri dan Bersatu, yang turut ditunjukkan oleh tingginya penilaian serta apresiasi masyarakat terhadap implementasi 5 program gerakan tersebut," ungkap dia.

Selanjutnya, keberadaan Gugus Tugas Daerah (GTD) yang diberikan mandat untuk mengelola dan mengonsolidasikan Pusat-Pusat Perubahan GNRM di tingkat daerah. Berdasarkan data Kemendagri per 7 Desember 2023, telah terbentuk di 34 Provinsi dari 38 Provinsi (89,47 persen) dan di 480 Kabupaten/Kota (93,39 persen). 

"Sehingga di tahun 2024, kita harapkan target pembentukan GTD 100 persen dapat tercapai," ucapnya.

Anugerah Revolusi Mental Tahun 2023 ini diberikan kepada 37 pemenang serta 25 penerima apresiasi berdasarkan pada 4 kategori, antara lain: 

1. Pemerintah Provinsi dan Kab/Kota berdasarkan implementasi 5 Program GNRM;

2. Individu dan Lembaga Berbadan Hukum;

3. Program Aksi Nyata GNRM; serta

4. Rekomendasi Mitra Pelaksana GNRM.

"Saya ucapkan selamat kepada seluruh penerima Anugerah Revolusi Mental tahun ini. Saya berharap praktik baik dan aksi nyata perubahan yang telah dilaksanakan dapat menjadi contoh keteladanan bagi daerah, masyarakat, maupun pihak lainnya," ucap Menko PMK.

Penyerahan Anugerah Revolusi Mental 2023 dilakukan oleh Wakil Presiden Republik Indonesia, Prof. Dr. (H.C.) K.H. Ma'ruf Amin bersama Menko PMK Muhadjir Effendy dan Menteri PANRB Abdullah Azwar Annas. Kemudian Menko PMK berkesempatan menyerahkan Apresiasi Revolusi Mental 2023.

Penerima ARM 2023 Kategori Pemerintah Daerah Provinsi:

1. Kategori Gerakan Indonesia Melayani:

Provinsi Jawa Timur

Kota Surabaya

2. Kategori Gerakan Indonesia Bersih:

Provinsi Jawa Barat

Kabupaten Banyumas

 3. Kategori Gerakan Indonesia Mandiri:

Provinsi Kalimantan Timur

Kabupaten Kebumen 

4.Kategori Indonesia Bersatu:

DKI Jakarta 

Kabupaten Pesawaran

5. Kategori Indonesia Tertib:

Kalimantan Utara

Kota Bogor

Penerima ARM 2023 Kategori Lembaga

Ekonomi Kerakyatan: KSP Bank Difabel Sleman Yogyakarta

Sosial Pemberdayaan Masyarakat: Koperasi Setia Bhakti Wanita Surabaya

Pelestariaan dan Pemajuan Kebudayaan: Koperasi Wanita Gayo

Pendidikan Karakter dan Literasi: Rumah Budaya Nusantara Puspo Budoyo

Pembangunan Inklusif: Yayasan Literasi Lumbung Lombok

Persatuan, Kesatuan dan Kebangsaan: Peace Generation

Kategori Individu/Tokoh Masyarakat

Ekonomi Kerakyatan: Dharma Setyawan

Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat: Chatreen Moko

Pelestarian dan Pemajuan Kebudayaan: I Gusti Ngurah Putu Wijaya

Pendidikan Karakter dan Literasi: Pangesti Wiedarti

Pembangunan Inklusif: Sukaryo Adi Putra dan Heni Mustikaningati

Persatuan, Kesatuan, dan Kebangsaan: Habib Husein bin Ja’far Al Hadar

Kategori Rekomendasi Mitra Kemenko PMK*

PP Muhammadiyah

PBNU 

PGRI 

Forum Rektor Indonesia 

Persekutuan Gereja-Gereja 

Konferensi Waligereja Indonesia 

Permabudhi 

Matakin 

PHDI 

Kategori Pendukung Program Aksi Nyata

Penanaman Pohon: PT. Astra International Tbk. Pemerintah Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, Universitas Gunadharma

Gerakan Ayo Berkoperasi: SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta

Percepatan Penurunan Stunting: PT. Reckitt Benckiser Indonesia, dan Pemerintah Kota Banjar, Jawa Barat


Penerima Apresiasi Revolusi Mental 2023

1. Kategori Koordinator Program Gerakan

Gerakan Indonesia Melayani: Kemenpan RB

Gerakan Indonesia Mandiri Kemenko Perekonomian

Gerakan Indonesia Tertib: Kemenko Polhukam

Gerakan Indonesia Bersih: Kemenko Marves

Gerakan Indonesia Bersatu: Kemendagri

2. Kategori Mitra Program Aksi Nyata Penanaman 10 Juta Pohon

Polri

KLHK

Kementerian Pertanian

Bupati Ngawi

Bupati Madiun

3. Kategori Mitra Aksi Nyata GNRM 2023

Kemenkop UKM

Bupati Penajam Paser Utara

Bupati Ponorogo

Bupati Tapanuli Utara

Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

4. Kategori Mitra Gugus Tugas Revolusi Mental

Forum Rektor Indonesia

PGRI

PP Muhammadiyah

PBNU

Konferensi Wali Gereja Indonesia

Parisada Hindu Indonesia

Persatuan Umat Budha Indonesia

Majelis Tinggi Agama Konghucu Indonesia 

Persekutuan Gereja-Gereja Indonesia

Anugerah Revolusi Mental 2023 ini dihadiri juga oleh Menteri Keuangan atau pejabat yang mewakili; Menteri PPN/Bappenas atau pejabat yang mewakili. Hadir pula para Menteri Perwakilan Koordinator Program Gerakan (KPG) GNRM yakni Menko Polhukam, atau pejabat yang mewakili; Menko Perekonomian atau pejabat yang mewakili; Menko Marves dan Maritim atau pejabat yang mewakili; Mendagri atau pejabat yang mewakili; MenPAN RB atau pejabat yang mewakili. Selain itu, hadir juga gubernur, bupati atau walikota, tokoh dan perwakilan lembaga penggerak GNRM yang menerima Anugerah Revolusi Mental 2023. Selanjutnya, hadir juga seluruh mitra Kemenko PMK dalam pelaksanaan GNRM; para pelaku media dan seluruh agen perubahan revolusi mental. (Hpo)

Lebih baru Lebih lama
Advertisement