SDN Kebonsari Kulon 2 Kota Probolinggo Raih Adhiwiyata dan Kembangkan prestasi Siswa

PROBOLINGGO - Kemampuan untuk mengembangkan pembelajaran pada anak didik, sehingga tercipta satu prestasi yang membanggakan semua pihak, mungkin ini yang bisa dilihat pada sosok Budi Harsono S.Pd, M.MPd Kepala sekolah SDN Kebon Sari Kulon 2 Kecamatan Kanigaran kota Probolinggo.

Berbabagi peningkatan prestasi baik yang ada pada diri siswa maupun secara global pada lembaga pendidikan yang dipimpinnya, mampu ditorehkan oleh pria satu ini. Salah satunya menjadikan SDN Kebon Sari Kulon 2 sebagai sekolah Adhiwiyata baik tingkat regional maupun nasional yang disandang lembaga pendidikan ini sejak 2014.  

Bagi Budi Harsono, kemampuan mengembangkan manajemen sekolah ini tidak lepas dari dukungan berbagai pihak. Dilihat dari kemajuan yang diraih sekolah ini, memang sangat minim publikasi, namun menurut Budi, apapun yang terpenting fakta yang berbicara dan terkait peningkatan mutu pendidikan ini, dirinya hanya meneruskan program sebelumnya, yakni MBS. 

Selain menempatkan sekolah ini sebagai sekolah Adhiwiyata, ternyata sejumlah prestasi sisiwa mampu menyumbang keberhasilan lembaga tersebut, sehingga menjadikan SDN Kebon Sari Kulon 2 satu dari sekian lembaga yang patut diperhitungkan. Menyangkut prestasi yang berhasil diraih oleh siswa dalam hal akademis berhasil meraih juara diantaranya, pada lomba MIPA 2016 tingkat jatim berhasil meraih juara 1 dan olimpiade IPA tingkat kota sebagai juara II.  Meraih juara harapan 3 paa ajang lomba samroh (PSP) 2016-2017. Juara harapan 1 di ajang POR pelajar Kota 2016/2017, juara harapan 1 lomba catur tingkat SD se kota Probolinggo tahun 2016/2017. Selain itu prestasi dalam lomba non akademik juga mampu memberi kontribusi bagi sekolah ini yaitu sebagai juara 1 di ajang lomba Lingkungan Hidup tahun 2015 dan 2016 yang diadakan KMDH dan Pertamina.   serta banyak prestasi lainnya yang semakin memberi nama harum sekolah ini.

Kenyataan menjadikan lingkungan sekolah sebagai sarana mengembangkan talenta yang dimiliki anak didik, telah diterapkan oleh Budi Harsono. “memperlakukan anak sebagai orang dewasa yang berbentuk kecil. Membiasakan kedatangan siswa di sekolah kita sambut dengan penuh kasih saying, kita tatap wajah mereka dengan senyuman, kita sapa dengan santun dan kita jabat tangannya.”ungkapnya. 

Kepala sekolah yang satu ini menganggap guru bukan sebagai bawahan, namun partner kerja atau mitra kerja. Begitu juga orang tua, Komite sekolah dan paguyuban kelas yang kesemuanya merupakan SDM yang sangat membantu mewujudkan kemajuan sekolah.

Perlu diketahui, perjalanan karir Budi Harsono memimpin lembaga pendidikan setingkat SD, telah dilakukan sejak 2006 silam. Tercatat tahun 2006 hingga 2009 pria ini menjadi KS di SDN Kebon Sari Kulon 5. Kemudian 2009 sampai 2014 menempati posisi Kepala sekolah di SDN Curah Grinting 3 Kecamatan kanigaran kota Probolinggo. Tahun 2014-2017 menjadi KS di SDN Kebon Sari Kulon 2 Kecamatan Kanigaran. Dan hari Senin ini (13/2) Budi Harsono, dimutasi menempati  posisi KS di SDN Kareng Lor 1 Kecamatan Kedopok kota Probolinggo.

Saat ditemui, Budi menyampaikan ungkapan  hatinya  “Kami sangat bersyukur sekali atas partisipasi masyarakat terhadap program dan perkembangan sekolah ini. Selain itu adanya koordinasi yang cukup baik antara komite sekolah, dewan guru dan wali murid, sehingga SDN Kebon Sari Kulon 2 ini dapat menunjukkan kemajuan serta prestasinya.”Ujarnya.

Tak lupa ucapan terima kasih juga diungkapkan Budi pada Drs H Paeni Effendi MM, yang selalu menunjukkan komitmennya dalam upaya memajukan sekolah ini (SDN Kebon Sari Kulon 2). “Tidak sedikit sumbangsih dari komite sekolah dalam  memberi kontribusi bagi kemajuan sekolah, termasuk adanya masukan dan sosialisasi melalui tausiah agama oleh Bapak Paeni Effendi.”ungkapnya. (Suh)

Posting Komentar

0 Komentar