Batik Kironggo Bondowoso Siap Menjadi Batik Unggulan

BONDOWOSO – Mungkin anda selama ini belum begitu tahu dan mengenal beberapa pengrajin batik yang ada di Bondowoso Jawa Timur. Padahal saat ini pengrajin batik di Bondowoso melalui dinas terkait sudah cukup banyak dan hasilnyapun tidak kalah dengan batik-batik yang ada di daerah lain di Indonesia.

Batik Bondowoso yang cukup kuat dengan karakternya hingga menghasilkan motif yang luar biasa, sesuai dengan ciri khas kota Bondowoso yakni kota Tape dan Republik Kopi. Sehingga motif yang dituangkan diatas sehelai kain putih yakni Daun Singkong, Daun Kopi dan Daun Tembakau.

Jika anda ke Bondowoso sambil berwisata, maka anda bisa datang ketempat kami, mempelajari kekayaan budaya Indonesia seperti batik. Sebab, batik di Bondowoso tidak hanya dijual di toko-toko saja, batik juga akan diperkenalkan kepada wisatawan domestik maupun mancanegara.

Apa bila anda berniat untuk berwisata, tidak ada salahnya untuk datang ke pemilik tempat batik Kironggo Bondowoso Cicilia Eka Putri Puspitasari. Nantinya, kami siap dengan beberapa paket wisata yang akan kami tawarkan serta untuk berbagi pengalaman yang asik, belajar membatik, bersama kami pengrajin-pengrajin batik Kironggo di Desa Sumbersuko Kecamatan Klabang Kabupaten Bondowoso.

Para wisatawan yang nantinya akan didampingi pemandu ahli batik dari desa kami yang akan mengajari dan menjelaskan secara sederhana dari proses yang sebenarnya panjang. Bagaimanakah cara membatik, proses demi proses sampai menghasilkan produk jadi berupa, kain batik, yang siap dipasarkan.

Tidak hanya itu, wisatawan juga akan diberikan sehelai lain putih kecil (Mori) yang akan siap di batik (Canthing) sendiri, setelah itu wisatawan juga diajak untuk memproses kain tadi mulai dari merendam dengan bahan-bahan pewarna, merebus, lantas mencucinya kemudian dijemur dan diangin-anginkan (proses mbabar) hingga menghasilkan sebuah karya kecil, kain batik jadi, yang hasilnya bisa anda bawa pulang sebagai kenang-kenangan.

Kendati demikian, para wisatawan nanti juga disiapkan beberapa snack dan makanan siang dan masakan khas Desa Cindogo, untuk anda nikmati bersama kolega atau keluarga anda dengan membatik sambil berjalan-jalan ke beberapa destinasi alam di kota Bondowoso. (Tok)

Posting Komentar

0 Komentar