Bupati Kapuas Resmikan TPS3R Dan Pasar Tradisional Desa Bungai Jaya

KUALA KAPUAS – Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat MM MT didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Kapuas Ny Ary Egahni Ben Bahat SH meresmikan TPS 3 R (Reuse, Reduce, Recycle) Berkat Ikhlas Bungai Jaya dan Pasar Tradisional Desa Bungai Jaya, Kecamatan Basarang, Rabu (19/4) Pagi.

Nampak hadir, Kepala SOPD Lingkup Pemkab Kapuas, Perwakilan dari Satuan Kerja Pengembangan Sistem Penyehatan Lingkungan Permukiman Provinsi Kalteng Maria Carolin ST, Camat beserta Unsur Tripika Kecamatan, Anggota TP PKK Kabupaten, TP PKK Kecamatan/Desa/Kelurahan, Ketua RT/RW dan masyarakat Desa Bungai Jaya serta masyarakat Kecamatan Basarang.

Selain peresmian TPS3R dan Pasar Tradisional, kegiatan dirangkaikan pula dengan penyerahan bantuak 70 sembako bagi warga yang kurang mampu, terdiri dari 40 sembako dari Dinas Sosial Kabupaten Kapuas yang berisikan Beras 5 Kg, susu, gula, 1 kotak teh celup, kecap dan minyak goring. 

Kemudian 30 sembako dari Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang berisikan beras, gula, susu, kecap, mie gorang dan minyak goreng. Sebelumnya, kedatangan Bupati Kapuas beserta rombongan di sambut dengan Tarian Adat Dayak “Manggau Buah” yang dibawakan oleh Siswi SDN 1 Bungai Jaya dan penampilan Pencak Silat Pagar Nusa dari Pondok Pesantren Fajar Islam Kecamatan Basarang.

Bupati Kapuas dalam sambutannya menyampaikan dengan diadakannya peresmian TPS3R dan Pasar Tradisional menandakah bahwa Desa Bungai Jaya merupakan Desa yang luar biasa dimana tidak terlepas dari peran Kepala Desa secara berjenjang  yang aktif memajukan desa. “Inipun tidak terlepas dari peran Bapak Camat dan saya berharap mudah-mudahan desa-desa yang lain akan mengikuti jejal dari Desa Bungai Jaya ini,” kata Ben Brahim.

Kemudian, ia mengatakan dengan dibangunnnya TPS 3R sampah tidak akan lagi disia-siakan melainkan akan berguna untuk meningkatkan kesehatan dan meningkatkan ekonomi masyarakat, karena semuanya akan berguna. Terkait dengan dibangunnya Pasar Tradisional itu, ia berharap untuk membuat sesuatu yang menjadi daya tarik pasar sehingga masyarakat terus singgah ke pasar tersebut. “Mau jual apa harus dipikirkan secara kreatif dan inovatif yang tidak pernah dipunyai oleh orang lain sehingga tamu-tamu dari luar daerah pun bisa singgah ke pasar ini,” tuturnya.

Selain itu, Ben mengaku masih banyak utang dalam hal infrastruktur jalan dan jembatan. Untuk itu, ia menekankan pembangunan infrastruktur merupakan program yang akan terus di fokuskan ke depan.  Ia pun berjanji jalan-jalan yang masih belum ditangani dengan tuntas di wilayah Kecamatan Basarang akan segara ditangani dan menjadi catatan bagi Dinas PU Kabupaten Kapuas dan harus langsung disurvey dengan cepat. 

Selanjutnya, ia mengatakan, Pemerintah Kabupaten Kapuas memprogramkan seluruh desa di Wilayah Kabupaten Kapuas harus memiliki guru yang lengkap begitu pula dengan bidang kesehatan harus ada perawat dan bidan di setiap desa tersebut. 

Ia menerangkan sudah mulai menerima tenaga honor/kontrak yang memprioritaskan masyarakat setempat lulusan asli warga desa tersebut. “Misalnya siapa saja lulusan di desa A, ada yang lulus sekolah guru maupun tenaga kesehatan kita gunakan dan prioritaskan karena mereka pasti tidak akan kemana-mana,”terangnya. 

Diakhir sambutannya, ia mengingatkan agar warga masyarakat Kecamatan Basarang dan secara umum bagi masyarakat Kabupaten Kapuas untuk selalu menjaga kerukunan dan kedamaian karena semua bersaudara, walaupun beda suku, agama, ras dan golongan yang terpenting adalah Bhineka Tunggal Ika. 

Dalam kesempatan itu, Ben pun mengungkapkan rasa bangganya dengan masyarakat Kabupaten Kapuas yang tidak membeda-bedakan perbedaan yang ada melainkan adanya kebersamaan yang luar biasa. “Saya kadang merenung masyarakat Kapuas begitu luar biasa dan itupun diakui oleh para pejabat provinsi kalau masyarakat Kapuas luar biasa rukun dan damai,” ungkap dia.

Oleh karen itu, ia menghimbau agar kerukunan dan kedamaian yang sudah terjalin tetap dipertahankan sehingga tidak dapat terpengaruh oleh hal-hal yang membuat perpecahan, karena yang terpenting masyarakat Kapuas sejahtera. “Saya bangga atas apa yang sudah dilakukan oleh Kepala Desa beserta jajaran yang mendirikan BUMDes ini dan itupun tidak terlepas dari bimbingan Bapak Camat beserta jajaran,” kata Ben Brahim. (BY)

Posting Komentar

0 Komentar