“Hari Kesatuan Gerak PKK ke-45 Tahun 2017 “ Peran PKK Sebagai Motivator Masyarakat


Ketua TP PKK saat memberikan ucapan selamat
MOJOKERTO - Peran keluarga dalam pembangunan terutama sumber daya manusia merupakan faktor yang sangat strategis. Untuk mencapai hal itu dibutuhkan komitmen yang tinggi dan keterlibatan dari semua pihak. Untuk itu PKK selalu berupaya untuk mendukung terwujudnya masyarakat yang sehat, sejahtera, maju dan mandiri.

Di Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-45 tahun 2017 ini, Tim Penggerak PKK Kota Mojokerto menggelar resepsi yang bertempat di Pendopo Graha Praja Wijaya Kantor Pemkot Mojokerto, . Resepsi dihadiri Plt Asisten 2 Setda Kota Mojokerto Kasih, Ketua TP PKK Kota Mojokerto Siti Amsah Mas’ud Yunus, Ninis Suyitno Wakil Ketua TP PKK, Kepala OPD, camat, lurah serta pengurus dan anggota PKK Kota Mojokerto.

Dalam sambutannya Ketua TP PKK Siti Amsah Mas’ud Yunus membacakan sambutan TP PKK pusat, dr Erni Guntarti Cahyo Kumolo bahwa hingga saat ini Gerakan PKK telah berkiprah di bumi Pertiwi selama 45 tahun. Ibarat usia manusia masuk usia produktif yaitu suatu usia yang semangat penuh energi. “Usia inilah yang perlu kita gelorakan dalam pengabdian selaku unsur TP PKK sampai kapanpun," katanya.

Tema peringatan tahun ini adalah, “Dengan HKG ke-45 Tahun 2017 Kita Lakukan Akselerasi Program-Program PKK untuk Wujudkan Visi dan Misi Gerak PKK". Hal ini mengandung makna, bahwa melalui momentum Peringatan HKG PKK ini diharapkan segenap jajaran TP PKK secara berjenjang mampu menyusun rencana aksi dalam rangka akselerasi atau percepatan program-program PKK.

Untuk mengimbangi hal tersebut Siti Amsah mengajak kepada semua jajaran TP PKK untuk betul-betul bisa melaksanakn 10 program Pokok PKK itu yang didalamnya ada pogram prioritas, program unggulan atau bahkan program spesifik daerah sesuai dengan kebijakan pemerintah daerah.

Sementara itu, Kasih, Plt Asisten 2 Setda Kota Mojokerto dalam sambutannya membacakan sambutan Wali Kota Mojokerto Mas’ud Yunus menyampaikan bahwa pembinaan dan kesejahteraan keluarga / PKK merupakan wadah kegiatan wanita yang mempunyai peranan penting dalam membantu program pemerintah melalui gerakannya.

Dalam pembangunan di Kota Mojokerto, keluarga memiliki peran yang sangat strategis, terutama perempuan sebagai motor penggeraknya. Dan untuk mencapai hal itu diperlukan keberanian, kerja keras dan komitmen yang sangat tinggi. “Gerakan PKK di Kota Mojokerto sendiri telah mampu mewujudkan perannya sebagai motivator masyarakat yang telah diakui kiprahnya bahkan keberadaannya sangat dibutuhkan masyarakat,” urainya.

Wali Kota dalam pernyataan sambutannya berharap momentum peringatan ini dapat memberi motivasi dan menggelorakan semangat para kader PKK agar terus giat melaksanakan tugas dan fungsinya dalam mensejahterakan dan memberdayakan keluarga. Keberhasilan pelaksanaan program pembangunan dan perbaikan perekonomian masyarakat adalah tanggung jawab bersama yang tidak bisa diselesaikan oleh pemerintah saja, namun membutuhkan peran serta seluruh elemen masyarakat.

Resepsi pada siang hari itu menampilkan berbagai macam kesenian dari pelajar, anggota PKK, jamaah pengajian Al Kholifah dan Dharma Wanita. Di akhir acara Ketua TP PKK Siti Amsah Mas’ud Yunus memotong tumpeng yang potongan tumpeng pertama diberikan kepada Wakil Ketua TP PKK Ninis Suyitno.

Dalam peringatan HKG PKK di Kota Mojokerto, diadakan serangkaian kegiatan. Yaitu lomba 10 Program PKK, lomba cipta menu, seminar parenting, sosialisasi keprotokolan dan pelayanan KB. Tidak hanya itu, PKK Kota Mojokerto juga akan mengikuti Lomba Posyandu tingkat nasional dan mewakili Jawa Timur pada bulan Mei mendatang. (Humas/ris)

Posting Komentar

0 Komentar