Kualitas Pembangunan Kota Probolinggo Dipertajam

PROBOLINGGO - Bertempat di Gedung Puri Manggala Bhakti kantor sekretariat Pemerintah kota (Pemkot) Probolinggo, digelar kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tahun 2017 dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) tahun 2018 yang diprakarsai Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) dan Litbang Pemkot Probolinggo.

Hadir dalam kesempatan tersebut Wali Kota Probolinggo Hj Rukmini SH, M.Si,  yang sekaligus membuka kegiatan tersebut, kemudian Sekda H Jhoni haryanto, Ketua DPRD kota Probolinggo, Forkopimda, Staf Ahli SDM Pemprov Jawa Timur, Asisten , Kepala SKPD, Wakil Ketua Tim Penggerak PKK, Lurah, Instansi Vertikal, serta peserta Musrenbang yang terdiri dari LPM, RT/RW.  

Budiono Wirawan S.Sos, M.Si Kepala Bappeda & Litbang saat diwawancarai menjelaskan, musrenbang RKPD ini untuk  memadukan perencanaan pembangunan 2018 antar stakeholder di Kota Probolinggo. sekaligus untuk mewujudkan koordinasi, integrasi, sinkronisasi dan keterpaduan  antara rancangan Renja (rencana kerja) SKPD dan RKPD 2018. 

“Dalam musrenbang kali ini memaparkan RKPD yang merupakan urusan wajib pelayanan dasar, yaitu Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman, serta Dinas Sosial,” Ujar Budiono.  

Sementara Gentur Prihantono, selaku Staf Ahli Bidang Sumber Daya Manusia Provinsi Jawa Timur yang dalam hal ini bertindak sebagai narasumber mengatakan musrenbang RKPD merupakan tahapan yang harus dilalui dalam proses penyusunan dokumen perencananan tahunan RKPD untuk menyampaikan program – program kegiatan daerah. 

“Masukan seluruh pemangku kepentingan diharapkan pada forum Musrenbang ini mampu menajamkan kualitas pembangunan yang telah disusun oleh Pemerintah Daerah sehingga menghasilkan program yang efektif, efisien yang bermanfaat bagi seluruh masyarakat di daerah,” ujarnya. 

Dalam sambutannya Wali Kota Hj Rukmini menyampaikan, musrenbang ini menyusun RKPD yang berpedoman pada RPJMD Kota Probolinggo Tahun 2015 – 2019, yang merupakan penjabaran dari visi misi wali kota dan wakil walikota.  

Berdasarkan RPJMD Kota Probolinggo Tahun 2015 – 2019, Visi Kota Probolinggo adalah “ Probolinggo Kota Jasa Berwawsan Lingkungan Yang Maju, Sejahtera dan Berkeadilan”. Berkaitan dengan visi tersebut maka tema RKPD Tahun 2018 adalah Mencapai Kemandirian Masyarakat Kota Probolinggo Dengan Mendukung Pemerintahan yang Akuntabel dan Demokratis.   

“Saya juga berharap agar dalam melaksanakan pembangunan dibutuhkan kehati – hatian dalam pengerjaannya untuk menjaga kekondusifan Pemerintah Kota Probolinggo. Dan , hal yang ingin kami capai melalui musrenbang ini adalah dengan adanya akselerasi, adanya upaya – upaya percepatan dalam mencapai visi Kota Probolinggo,” tegasnya. 

Ditempat yang sama Fajar Poernomo SE, M.Si Kabid Perencanaan, Pembiayaan, Monitoring dan Evaluasi dan Pelaporan Bappeda kota Probolinggo saat ditemui mengatakan kegiatan ini merupakan langkah konkrit dalam merencanakan program pembangunan di kota Probolinggo. 

“Diharapkan dengan Musrenbang 2018 ini, akan dapat menentukan titik yang menjadi target pembangunan untuk tahun tersebut. Paling tidak adanya pengawasan dari masing masing wilayah kecamatan dan SKPD untuk menentukan rencana pembangunannya.”Ujarnya. (Suh)

Posting Komentar

0 Komentar