Mempunyai Rekam Jejak Politik, Adies Kadir Berpotensi Maju Pilkada Jatim



Surabaya Newsweek- Direktur Parlemen Watch Jatim Umar Salahudin menilai anggota Komisi III DPR RI dari Fraksi Golkar Adies Kadir memiliki rekam jejak politik yang baik, sehingga berpotensi maju dalam Pilkada Jatim 2018.
     
"Adies punya modal elektabilitas yang baik pada saat pemilihan legislatif tahun lalu," kata Umar .
     
Adies Kadir memiliki karir politik cukup cemerlang di partai Golkar. Hal ini diketahui sejak Adies menjabat sebagai Ketua DPD Golkar Surabaya dan Ketua Fraksi Golkar DPRD Surabaya.
     
Selain itu, Adies juga sempat menjadi Calon Wakil Wali Kota Surabaya mendampingi Calon Wali Kota Surabaya Arif Afandi yang diusung Partai Demokrat dan Golkar pada Pilkada Surabaya 2010 melawan pasangan Tri Rismaharini dan Bambang Dwi Hartono yang diusung PDIP. Meskipun akhirnya pasangan Arif-Adies kalah.
     
Namun hal itu tidak menyurutkan Adies untuk menggapai kesuksesan di karir politiknya. Bahkan pada saat Pileg 2014 untuk DPR RI, Adies bisa mengalahkan para seniornya di Golkar seperti Priyo Budi Santoso (pengurus DPP Golkar dan Wakil Ketua DPR RI) di dapil Surabaya-Sidoarjo.     
     
Meski demikian, lanjut Umar, modal elektabilitas itu tidak cukup untuk maju sebagai Cagub maupun Cawagub Jatim, sehingga masih perlu dipompa agar tidak hanya diketahui masyarakat Surabaya dan Sidoarjo saja, melainkan diketahui masyarakat luas di Jatim. 
     
"Figur Adies belum terlalu pop di masyarakat, tapi saya menghargai sebagai hak politik individu untuk meramaikan pesta demokrasi," katanya.
     
Disisi lain, dosen Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah ini menyarankan agar, Adies mulai sering terjun ke masyarakat, jika ingin maju Pilgub Jatim baik sebagai cagub maupun cawagub. "Sering sambang warga dan sambang kampung. Bisa meniru bu Khofifah dan Gus Ipul," katanya.
     
Selain itu, lanjut dia, dukungan dari parpol juga diperlukan.  "Golkar punya kursi lumayan untuk bargaining untuk posisi Jatim 2 (Calon Wakil Gubernur Jatim). Parpol penting sebagai tiket politik," katanya.
Sementara itu, Wakil Karang Taruna Surabaya Imam Budi Utomo mengatakan pihaknya setuju jika Adies Kadir maju dalam bursa Pilgub Jatim karena beliau punya dedikasi sebagai orang muda yang punya karir politik yang baik. 
     
"Bursa pilgub perlu diramaikan oleh tokoh-tokoh muda karena Jatim adalah sebuah wilayah yang sangat dinamis dari berbagai sisi," kata Calon Ketua Karang Taruna Jatim ini. ( Ham )

Posting Komentar

0 Komentar