Sosialisasi Haji Sehat Guna Siapkan Fisik Dan Mental JCH

LUMAJANG - Sebagai seorang yang istimewa karena telah diundang oleh Allah untuk menghadapnya ke Makkah Almukarramah, kita harus menyiapkan diri secara maksimal baik itu fisik maupun mental, agar perjalanan ibadah kita nantinya serta tahapan-tahapan yang harus kita lalui dapat berjalan dengan baik sebagaimana yang kita harapkan.
Pada kesempatan kali ini, Bidang Pencegahan Penyakit dan Penyehatan Sanitasi Dasar pada Dinas Kesehatan Kabupaten Lumajang menggelar sosialisasi haji sehat menujui istitha’ah kesehatan calon haji Kabupaten Lumajang sesuai Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) RI nomor 15 tahun 2016 tentang istitha’ah kesehatan jamaah calon haji (JCH).
Sosialisasi ini merupakan yang pertama kali dilaksanakan Dinas Kesehatan Kabupaten Lumajang yang mendapat anggaran dari Kementrian Kesehatan RI. Kegiatan ini dibuka oleh Bupati Lumajang, Drs. As’at, M.Ag yang bertempat di Gedung Soedjono Lumajang, Kamis (6/4), yang juga dihadiri oleh Wakil Bupati Lumajang, dr. Buntaran Suprianto, M.Kes, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur, DR. dr. Kohar Hari Santoso, Sp. An, KIC. KAP, Babinsa dan Babinkamtibnas masing-masing desa serta perwakilan peserta JCH.
Bupati As’at dalam sambutannya mengatakan dengan dilakukannya Tes kebugaran ini secara bersama-sama diharapkan dapat memicu semangat para calon jemaah haji untuk meningkatkan stamina menjelang hari keberangkatan nantinya, dan hendaknya, latihan kebugaran ini, dapat selalu dilakukan dirumah masing-masing, jangan hanya putus disini saja agar stamina nantinya dapat terus terjaga.
“Kita berharap dengan evaluasi yang terus dilakukan oleh kementerian agama dan kementerian kesehatan, pelayanan ibadah haji bagi masyarakat kita lebih baik dari tahun ketahun karena dengan pelayanan yang baik tersebut, akan sangat membantu kelancaran pelaksanaan rangkaian ibadah haji masyarakat kita”, harap Bupati As’at. 
Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur dalam arahannya mengatakan bahwa sangat berharap agar kegiatan seperti ini dapat terus bergilir di Indonesia karena sangat bermanfaat bagi calon jemaah haji. Pada kesempatan tersebut, ia juga memberikan apresiasi kepada calon jemaah haji Kabupaten Lumajang. “Semoga panggilan untuk menjadi tamu Allah selalu datang pada masyarakat Kabupaten Lumajang ini”, harapnya. (h)

Posting Komentar

0 Komentar