Berita Terbaru

Subscribe

Subscribe

Subscribe

Subscribe

Subscribe

Subscribe

TERPOPULER

Dinas Pertanian Bondowoso Inpeksi Mendadak ke Kebun Bibit



Kepala Dinas Pertanian Bondowoso H. Munandar SP. MM saat melakukan Sidak
BONDOWOSO – Hampir setiap petani bisa membaca keadaan alam. Jika cura hujan masih tinggi, maka musim tanam akan mundur. Dan cura hujan tetap tinggi di sepanjang tahun, maka hampir pasti hasil panen tidak akan bagus.

Sialnya, tahun ini curah hujan cenderung tidak stabil meski telah memasuki musim kemarau kerap kali masih turun hujan. Musim tanam di beberapa tempat dipastikan mundur. Harusnya, awal musim tanam telah di mulai. Namun di beberapa tempat curah hujan tinggi memaksa awal bulan Mei masih masuk masa pembibitan.

Begiti pula halnya yang terjadi di Kabupaten Bondowoso. Untuk itu perlu adanya pengawasan lebih intensip, bukan tidak mungkin produktivitas pertanian dan kualitas akan meningkat hingga kesejahteraan petani ikut meningkat, peran serta Dinas Pertanian dalam hal ini sangat dibutuhkan.

Selain itu, jika teknologi pertanian bisa ditingkatkan, para petani bisa menghadapi musim buruk tanpa perlu terlalu risau. Karena dengan meningkatkan teknologi pertanian, para petani tak akan lagi pusing harus berbuat apa untuk menghadapi curah hujan tinggi. Dan nantinya tak akan ada lagi kasus petani takut menanam karena cuaca buruk.

Mengantisipasi hal tersebut Kepala Dinas Pertanian Bondowoso H. Munandar SP, MM didampingi Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Hendri Widodo, S. Pt. MP mengadakan inpeksi mendadak ke kebun benih milik Dinas Pertanian yang berada di wilayah Desa Lojejer, Tangsil dan Maskuning Kulon, pasalnya kebun benih ini merupakan aset daerah, bagaimana tidak PAD yang dihasilkan juga cukup menjanjikan, apalagi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Inpeksi mendadak yang dilakukan ini merupakan persiapan Dinas Pertanian Bondowoso menghadapi musim tanam tahun ini (2017). Hal ini guna melihat sejauh mana kesiapan serta kualitas dari benih yang ada di kebun pembenihan ini menghadapi musim tanam.

Munandar menyampaikan, ini kan sudah akan memasuki musim tanam, jadi kami memastikan kualitas bibit yang akan di tanam petani, maka dari itu kami terjun sendiri untuk memastikan kesiapan dan kualitas dari bibit, sehingga akan mampu meningkatkan kesejahteraan para petani di Bondowoso, tegasnya.

Lebih lanjut Munandar menyampaikan, kesejahteraan petani di Bondowoso akan terjamin jika pelayanan Dinas Pertanian mumpuni, termasuk adanya ketersediaan bibit. Ketersediaan bibit yang baik akan menghasilkan panen yang baik, jika panennya baik maka kesejahteraan petani terjamin, tandasnya. (Tok)

Post Comment

Tidak ada komentar:

Berikan Tanggapan Anda