Berita Terbaru

Subscribe

Subscribe

Subscribe

Subscribe

Subscribe

Subscribe

TERPOPULER

Desa Wonosalam Perangi Makanan Berbahaya Di Jombang



Para Pelaku Pengawas Obat Dan Makanan Terlarang.
JOMBANG - Berkat hasil koordinasi lintas sektoral antara BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan) dengan BAPEDA (Badan Perencanaan Daerah)dan Dinas kesehatan Kabupaten Jombang, terkait dengan pemberdayaan masyarakat desa keamanan pangan. Di tunjuklah 5 Desa untuk mewakili jombang antara lain, Desa Candi mulyo, Desa Ngoro, Desa Mojotrisno, Desa Cukir, Desa Wonosalam.

Pada giliran  acara di Desa  wonoslam Kepala Desa Samuki mengundang semua yang bergelut di bidang makanan,hadir sekitar 67 orang.Mulai dari pengelola kantin sekolah,PKL(Pedagang Kaki Lima)baik keliling maupun yang mangkal, juga ibu -ibu PKK sebagai penyedia makanan di keluarganya,da n warung-warung penjual makanan

Kegiatan ini berlangsung pada hari senin(31/08/2017) diawali dengan sosialisasi oleh penanggung jawab kegiatan Budi sulistyowati dari staf Balai Besar Surabaya dan di lanjutkan dengan datang ke masing- masing pedagang untuk melihat langsung ke lapangan di dampingi dari dinas yang di tunjuk masing-masing untuk Desa Wonosalam.Dinas pendidikan  Imam wahyu hidayat, Kesehatan (puskesmas)Bambang Widianto,dari desa Imam Jazuli,Kader desa Wiwik purwati,PKK  Mujiatun.

Menurut Samuki(47th) "Kegiatan ini di lakukan untuk menghindari atau mengantisipasi beredarnya makanan yang di nilai membahayakan di sebabkan unsur pengawet, pewarna, borak, formalin dan lain-lain"ungkapnya.

Berikut Penanggung jawab kegiatan Budi sulistyowati (35th)atas nama  Dra.Retno kurpaningsih Apt.(Plt.Kepala BPOM). menjelaskan, "Masyarakat diajarkan dengan cara  Advokasi pada kader terpilih,Bimtek(bimbingan teknis) selanjutnya menuju komunitas di desa masing-masing untuk di adakan pemetaan awal petugas turun untuk mensupervisi, sebelum di lanjutkan bimtek komunitas dengan materi menyesuaikan.Yang pada ahirnya di undang kembali untuk perkembangan lebih lanjut.

Dari hasil kegiatan ini masyarakat di himbau pastikan makanan yang sehat.Perangi obat dan makanan ilegal demi terwujudnya suatu daerah yang terbebas dari segala penyakit yang bersumber dari makanan. (jit)

Post Comment

Tidak ada komentar:

Berikan Tanggapan Anda