Berita Terbaru

Subscribe

Subscribe

Subscribe

Subscribe

Subscribe

Subscribe

TERPOPULER

Sosialisasi Pendidikan Keluarga, Jalin Kemitraan Orang Tua dengan Satuan Pendidikan



Wabup Lumajang, dr. Buntaran Supriyanto, M.Kes memberikan sambutan dalam Sosialisasi Pendidikan Keluarga

LUMAJANG – Dinas Pendidikan Kabupaten Lumajang menggelar Sosialisasi Pendidikan Keluarga di Pendopo Lumajang, Kamis (10/8). Acara tersebut dihadiri Wakil Bupati Lumajang, dr. Buntaran Supriyanto, M.Kes dan Ketua TP. PKK Kabupaten Lumajang, Hj. Tutuk As'at.
Orang tua merupakan pendidik pertama dan utama bagi anak-anaknya. Pola pengasuhan dan pendidikan yang diterapkan orang tua akan menentukan karakter dan kepribadian anak di masa depan. Untuk itu orang tua perlu memperkuat dan meningkatkan komunikasi dengan satuan pendidikan dimana anak-anak memperoleh pengetahuan dan keterampilan untuk bekal menjalani kehidupan.
Dalam hal inilah, perlunya menjalin kemitraan antara orang tua dengan satuan pendidikan, mulai tingkat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Taman Kanak-Kanak, SD, SMP sampai tingkat SMA/SMK. Sudah semestinya orang tua sebagai pendidik utama meningkatkan perannya dan tidak menyerahkan sepenuhnya pendidikan anak-anak ke satuan pendidikan.
"Kegiatan seperti ini dianggap penting untuk meningkatkan pelibatan keluarga dan masyarakat dalam mendukung pendidikan anak di satuan pendidikan dan di rumah untuk penguatan pendidikan karakter dan prestasi anak," ujar Drs. Syamsul Hadi, MM Kabid PAUD & Dikmas Dinas Pendidikan Kabupaten Lumajang. 
Wabup Buntaran menyoroti pendidikan saat ini yang menurutnya berbeda dengan pendidikan ketika ia bersekolah. Wabup Buntaran mengatakan bahwa dulu pendidikan merupakan hal yang dijunjung tinggi terutama seorang guru yang sangat dihormati baik oleh siswanya maupun orang tua siswa.  "Kalau sekarang guru salah sedikit saja bisa jadi masalah, orang tua siswa bakal melapor ke polisi, inilah pentingnya Pendidikan Keluarga agar persepsi tentang peran pendidik yakni orang tua dan guru itu sama," ujar Wabup Buntaran. (h)

Post Comment

Tidak ada komentar:

Berikan Tanggapan Anda