Berita Terbaru

Subscribe

Subscribe

Subscribe

Subscribe

Subscribe

Subscribe

TERPOPULER

Disperta Bondowoso Intensif Pantau Kesehatan Ternak

BONDOWOSO – Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Bondowoso, bakal mengintensifkan pemantauan kesehatan hewan ternak, terutama sapi dan kambing. Ini untuk memaksimalkan daging hewan ternak tersebut dalam kondisi sehat dan tidak mengidap penyakit berbahaya sebelum disembeli, kata Kepala Disperta Bondowoso H. Munandar, SP.MP.

Lebih lanjut disampaikan, pemeriksaan kesehatan ternak sejatinya merupakan program rutin Dinas Pertanian dan Peternakan, namun kegiatan tersebut selalu ditingkatkan intensitasnya jelang Idul Adha. Dan pihaknya berjanji akan bekerja maksimal mendeteksi, mencegah dan mengobati kemungkinan penyakit pada hewan ternak. Kami berharap warga Bondowoso melaporkan kepada kami jika mengetahui adanya penyakit yang diidap hewan ternak, imbuhnya.

Meski demikian, dengan hewan yang banyak digunakan untuk kurban adalah sapi dan kambing, pihaknya memili fokus pada pengawasan kedua jenis ternak tersebut. Proses pemantauan akan dilakukan di pasar yang menjadi sentra penjualan sapi dan kambing, juga tempat penjualan hewan kurban yang biasanya marak menjelang Hari Raya Idul Adha.

Seperti yang dilakukan saat ini Disperta Kabupaten Bondowoso melakukan pemantauwan ternak di Desa Karanganyar Kecamatan Tegal Ampel. Kepala Disperta H. Munandar, SP.MP secara langsung melakukan pemantauan terhadap kesehatan hewan di kampung ternak tersebut dengan didampingi Kepala Bidang Peternakan, Murjana dan drh. Syaiful.

Selain itu Desa Karang Anyar, pemantauwan kesehatan ternak juga dilakukan di Desa lain secara rutin. Pada hari Raya Qurban nanti, Disperta Bondowoso juga akan melakukan pemantauwan pemotongan hewan Qurban di Pondok Pesantren Al-Ishlah, Kecamatan Grujukan.

Kita akan pantau pemotongan hewan kurban di Ponpes Al-Ishlah mengingat jumlah hewan Qurban yang dipotong disana jumlahnya sangat banyak dan merupakan sumbangan dari donatur Muslim Singapura yang rutin dilakukan tiap tahunnya, tandasnya. (Tok)

Post Comment

Tidak ada komentar:

Berikan Tanggapan Anda