Berita Terbaru

Subscribe

Subscribe

Subscribe

Subscribe

Subscribe

Subscribe

TERPOPULER

RSUD Dr M Saleh Tampil Dengan Seni Tari Satria Bali



Pawai Budaya RSUD Kota Probolinggo
PROBOLINGGO - Komitmen melestarikan budaya lokal (nusantara) diwujudkan oleh RSUD dr Mohamad Saleh dalam mengikuti kegiatan pawai budaya Semipro ke 9 tahun 2017, Minggu (03/8). Instansi ini menurunkan tarian Satria Bali yang merupakan kolaborasi 2 tarian yakni tari Baris dan Tari Margapati . kedua tarian berlatar belakang sama yaki menceritakan ketangguhan prajurit kerajaan.

Tari Margapati menggambarkan gerak gerik seorang raja hutan yang sedang mengintai dan membinasakan mangsanya. Dan tari Baris menggambarkan tentang kesetiaan dan ketangguhan seorang prajurit dalam membela kerajaan.  Tarian yang diperagakan oleh 75 orang penari, yang pasti mengandung daya magis, sehingga penonton mengapresiasikannya dalam bentuk aplaus ketika rombongan ini melintas. Tarian ini sempat memukau penonton yang berada disepnajang rute yang dilalui peserta pawai budaya yakni sepanjang jalan Suroyo hingga Jalan panglima Sudirman depan kantor Walikota Probolinggo.

Hal yang menjadi kebanggaan, mengingat dalam setiap even Seminggu di kota Probolinggo (semipro), RSUD dr M Saleh tidak pernah absen memeriahkannya. Bahkan pada tahun lalu, instansi ini didaulat sebagai ketua panitia. Begitu juga dengan kegiatan lain di ajang Semipro kali ini, RSUD hadir dengan berbagai inovasi pada stan yang berada di alun-alun kota Probolinggo dengan kegiatan yang bersifat sosial diantaranya memberikan layanan kesehatan gratis meliputi pengecekan tensi darah, gula darah dan cek kolesterol bagi pengunjung ajang Semipro 2017 ini.

Drg. Rubiyati. M.MKes Kadinkes kota Probolinggo ketika ditemui mengatakan kesenian yang ditampilkan dalam ajang pawai budaya ini merupakan kesenian nasional yang banyak memberikan ketauladanan jika disimak sejarahnya. “Budaya ini jangan sampai hilang ditelan kemajuan jaman. Saatnya generasi muda untuk mencintai dan melestarikan budaya anak negeri tersebut.”Ujar Rubiyati. (Suh)

Post Comment

Tidak ada komentar:

Berikan Tanggapan Anda