Banyak Partai Tawari Ahmad Dhafir Jadi Cawabup



BONDOWOSO – Pasca menyampaikan kesiapannya maju dalam kontestasi Pilkada 2018, Ahmad Dhafir mengklaim telah banyak partai yang melamar sebagai Cawabupnya. Tanpa menyebutkan partai-partai yang dimaksud, Ahmad Dhafir mengatakan bahwa sejauh ini sudah banyak perwakilan partai-partai yang melakukan pendekatan baik secara langsung kepadanya, maupun melalui tangan orang lain.

Pak Tohari bisa cerita nanti bagaimana pendekatan partai-partai kepada Pak Tohari, bagaimana berusaha supaya digandeng dengan saya, ungkap Dhafir.Namun begitu, Ahmad Dhafir hingga saat ini masih belum menyatakan sikapnya akan upaya-upaya pendekatan tersebut. Ia hanya mengatakan yang mendapatkan restu pata ulama’ dan masyarakat yang akan menjadi pendampingnya.

Saya menunggu restu para ulama’, ucapnya saat membuka acara pendidikan kader pertama di Aula Gus Dur Desa Pakuniran Kecamatan Maesan, Minggu 01/10/2017. Sekedar diketahui, satu-satunya partai politik yang bisa maju tanpa harus berkoalisi yakni Partai Kebangkitan Bangsa. Dari dukungan kursi, PKB memiliki 12 kursi, sementara dari suara sah PKB telah mengantongi suara sah sekitar 115 ribu.

Sementara berdasarkan keterangan yang disampaikan, Saifullah selaku Komisionir KPU Divisi Teknis Penyelenggara, untuk calon yang ingin lewat partai politik, ada dua jalan yang bisa dilalui. Untuk lewat jumlah kursi, harus mendapat dukungan minimal 20 persen dari jumlah kursi DPRD Bondowoso.

Artinya calon yang ingin maju lewat parpol harus memiliki dukungan sembilan kursi, karena jumlah kursi di DPRD Bondowoso 45. Selain itu, satu opsi lain mendapatkan dukungan lewat suara sah dalam pemilu legislatif terakhir atau pada 2014 silam.

Untuk syarat suara sah berbeda dengan jumlah kursi DPRD. Syaratnya minimal 25 persen. Suara sah legislatif pada Pemilihan Legislatif (Pileg) sebelumnya sekitar 450 ribu suara. Sehingga, kandidat harus mendapatkan suara sah sekitar 113 ribu suara. (Tok)-ok
Lebih baru Lebih lama
Advertisement