Menggapai Solusi Antisipasi Kebakaran Hutan

 
JOMBANG - Sinergitas antara LMDH (Lembaga Masyarakat Desa Hutan) ANDIKA, dengan Perhutani dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) serta semua warga  yang berada di sekitar hutan telah di lakukan, dengan bukti perbincangan santai, terkait kerawanan hutan danntisipasi kebakaran lahan.

Tepat di (RD) Rumah Dinas KRPH Sumberjo , hal ini berlangsung  tidak terlalu lama,namun di adakan secara rutin dua sampai tiga bulan sekali,dalam kesempatan ini di ikuti oleh warga yang ada di seputar kawasan hutan,pengurus LMDH ANDIKA Desa sumberjo,Kepala RPH sumberjo,Kepala RPH Lebak Jabung, beberapa Mandor Perhutani, dan Asper (Asisten Perhutani) BKPH Jabung.

Kegiatan ini diadakan(20/09/2017) bertepatan pada malam 1 Muharam , dalam peribahasa sambil menyelam minum air, di samping pembahasan antisipasi kebakaran,program kerja, juga tirakatan,mensyukuri nikmat dari Allah SWT atas karunia NYA.

Menurut beberapa warga" kita perlu menjaga hutan dari kebakaran yang di sebabkan dari unsur kesengajaan,contoh pembukaan lahan dengan cara di bakar, ataupun dari tangan tangan jahil" celetuk warga.
KRPH sumberjo Porwono dan Ketua LMDH Sumberjo Dwi Wahono  menyampaikan hal yang sama" Di samping antisipasi kebakaran, lebih penting menjaga tanaman pokok dan pembersihan lahan di bawah tegakan bersama mandor,"ungkapnya.

Sembari bincang santai kali ini Asper Jabung Wariman mengatakan " Bahwa kebersamaan dengan semua fihak ini di lakukan untuk saling asah,asih,asuh,  dalam setiap pekerjaan, untuk menumbuhkan rasa saling memiliki dalam pengamanan hutan dan antisipasi kebakaran "Pungkasnya.(jit)

Posting Komentar

0 Komentar