Meningkatkan Kinerja, Dishub Surabaya Akan Menambah 15 Titik Solar Cell

Surabaya Newsweek- Untuk meningkatkan kinerja Dinas Perhubungan Kota Surabaya dan efisiensi energi listrik  dan mengantisipasi, dampak pemadaman lampu  PLN, Dishub Kota Surabaya akan menambahkan 15 titik Solar Cell, yang akan dipasang pada Traffict Light ( TL ).  

Sebelumnya, pada Tahun 2107 Dinas Perhubngan ( Dishub ) Surabaya sudah memasang di titik TL sebanyak 9 Solar Cell, namun Dishub Kota Surabaya akan terus menambahkan pemasangan Solar Cell pada titik – titik Traffict Light, sebab
Saat ini,Traffict Light yang sudah dipasang oleh, Dinas Perhubungan Kota Surabaya ada 139 titik.   

Namun demikian, Kepala Dinas Perhubungan Kota Surabaya Irvan Wahyu Drajat  menjelaskan Solar Cell tidak hanya digunakan di terminal Purabaya. Melainkan di 14 terminal lain dan juga di 11 halte yang tersebar banyak wilayah Surabaya.

"Pemasangannya disesuaikan dengan tempat halte yang banyak mendapatkan sinar matahari," kata Irvan, Senin ( 29 / 1/ 2018 )

Ia mengatakan, untuk pemasangan Solar Cell di titik Traffict Light dengan tujuan   menghemat pemakaian energy listrik dan mengantispasi jika, terjadi pemadaman PLN tidak lagi mengunakan genset.

“Tujuan pemasangan Solar Cell untuk menghemat energy listrik, jika tidak terjadi hujan bisa menghemat sampai 100%, juga mengantisipasi pemadaman lampu PLN dan tidak perlu lagi mengunakan genset,”tandasnya.     

  
Menurut Irvan, untuk Tahun 2018 akan ada tambahan pemasangan Solar Cell sebanyak 15 titik yang di khususkan untuk Traffict Light, nantinya pemasangan Solar Cell oleh Dishub Kota Surabaya, bisa mencover semua Traffict Light di Surabaya.   


"Tahun 2018 ini, akan menambah pemasangan Solar Cell di 15 lokasi, karena terbukti, kalau pakai daya sendiri tidak perlu takut ada pemadaman, sempat beberapa waktu lalu ada TL yang mati lalu lintas jadi crowded, maka kini diupayakan agar TL sebanyak 139 titik bisa terpasang Solar Cell semuanya,"ungkapnya.


Sejumlah traffict light yang sudah terpasang Solar Cell adalah, traffict light (TL) Koni - MERR, TL Kertajaya - Dharmawangsa, TL Darmo - Dr Soetomo, TL Mastrib - Wiyung, TL Darmo Al Falah, TL Gubeng Pojok – Pemuda. TL Kenjeran - Putro Agung, TL Pucang Anom, TL Ngagel - Ngagel Jaya Selatan. ( Ham ) 
Lebih baru Lebih lama
Advertisement