Bupati Blitar Pimpin Panen Raya Padi

Bupati Blitat Rijanto hadiri Panen Raya Padi.
BLITAR – Seusai Upacara dalam rangka peringatan HUT Satpol PP kabupaten Blitar di lapangan Pendopo Kanigoro kabupaten Blitar, Bupati Blitar Drs H Rijanto MM memimpin panen raya padi di Desa Sragi Kecamatan Talun Kabupaten Blitar, Selasa (17/04) yang dihadiri oleh Forkopimda dan pejabat pemerintah kabupaten Blitar. Panen raya tersebut digelar Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Enggal Muliyo, yang beranggotakan seluruh petani di Kecamatan Talun.

Dalam kegiatan tersebut, Rijanto mengungkapkan jika kondisi pertanian di Kabupaten Blitar berkembang sangat pesat. Tak bisa dipungkiri 80 persen penduduk Kabupaten Blitar memang bergerak di bidang pertanian.Untuk itu Pemerintah Kabupaten Blitar terus melakukan berbagai upaya untuk mendukung perkembangan sektor pertanian. Salah satunya adalah dengan pemberian benih dan bantuan alat pertanian. “Kabupaten Blitar mayoritas masyarakatnya bekerja di sektor pertanian. Untuk itu Pemkab Blitar memiliki tangung jawab untuk terus melakukan berbagai upaya agar pertanian semakin maju,” jelas Rijanto.

Lanjut Rijanto, pihaknya mengajak agar seluruh petani di Kabupaten Blitar selalu berinovasi dan meningkatkan kualitas produk pertanian. Selama ini berkat kerja sama antar instansi serta sinergi dengan TNI, Kabupaten Blitar menjadi satu diantara daerah di Jawa Timur yang dipercaya sebagai daerah penyangga pangan nasional. Hal ini karena di Kabupaten Blitar selalu surplus produksi pertanian.

“Meski begitu kita tidak boleh terlena dengan potensi pertanian di Kabupaten Blitar. Kita harus terus melakukan berbagai inovasi untuk semakin meningkatkan kualitas,” tutur Rijanto.

Sementara Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Blitar Ir Eko Priyo Utomo mengatakan, panen raya dari gapoktan Enggal Muliyo di Kecamatan Talun menunjukkan program Pemkab Blitar berhasil dengan pemberian bantuan benih dan alat pertanian. “Setelah diberi bantuan mampu meningkatkan kualitas pertanian, inilah suatu keberhasilan program Pemkab,” pungkasnya.

Sementara Kasdim 0808/Blitar, Mayor Inf Rudi Sudjatmiko yang juga hadir, dalam kesempatan ini menyampaikan panen raya padi ini adalah dalam bentuk mendukung upsus swasembada pangan di wilayah Blitar raya.

“Kami dari jajaran TNI akan membantu kerja petani melalui Koramil dan Babinsa yang ada di satuan wilayah desa binaannya. Babinsa akan membantu para petani mulai dari penanaman, pemupukan dan panen seperti sekarang ini. Sesuai dengan program pemerintah, diharapkan sinergitas ini akan dapat menciptakan swasembada pangan,” tuntasnya.(VDZ)
Lebih baru Lebih lama
Advertisement