CCTV Mendeteksi Wajah, Ciptakan Suasana Aman dan Nyaman di Terminal

Surabaya NewsWeek- Demi menciptakan suasana aman dan nyaman di terminal, kini Kepala Dinas Perhubungan Kota Surabaya Irvan Wahyu Drajat, akan memasang 8 kamera CCTV baru, yang bisa mengenali wajah diterminal Purabaya, delapan kamera tersebut akan di pasang di sejumlah pintu masuk terminal.

“Untuk memberi rasa aman dan nyaman di terminal, kamera terbaru jenis ini, 60 persen bisa mendeteksi wajah,” ujarnya.

Pemasangan kamera CCTV yang bisa mendeteksi wajah, untuk menciptakan suasana aman, Dinas Perhubungan Kota Surabaya bekerja sama dengan pihak Kepolisian dan Dispendukcapil, guna mengetahui data warga


“Nanti kita akan bekerja sama dengan pihak Kepolisian dan Dispendukcapil, untuk mengetahui data warga, bahkan calo bus pun akan mudah dikenali,”ungkap Irvan, Kamis ( 24/5/2018 ) .

Masih Irvan, kamera CCTV saat ini resolusi dan kemampuannnya makin canggih. Dengan pemasangan kamera tersebut, pihaknya akan mudah memetakan, apakah orang-orang yang ada disekitar terminal calon penumpang atau calo bus.

“Semua kejadian di terminal akan terekam, mungkin pembiusan, gendam, perampokan dan sebagainya,” katanya

Apalagi, jumlah kamera CCTV yanhg terpasang juga bertambah banyak. Sebelum penambahan delapan unit kamera baru, Dishub telah memasang 32 CCTV pada tahun sebelumnya.

Namun demikian, Irvan memastikan kasus kriminalitas seringkali terjadi di luar terminal. Pasalnya, pengamanan di terminal begitu ketat.

“Mungkin ketatnya pengamanan di terminal, jadi kebanyakan  kejadian pembiusan, gendam dilakukan saat perjalanan,” katanya

Irvan menyebutkan, selama arus mudik dan balik, Dinas Perhubungan menerjunkan sekitar 500 personel. Mereka bertugas selama 24 jam.

Dalam pengamanan terminal selama arus mudik dan balik lebaran, selain aparat dinas perhubungan juga melibatkan satpol PP, linmas dan aparat TNI/Polri.

“Kita sudah terbiasa untuk siaga selama 24 jam,”tambahnya (Ham )
Lebih baru Lebih lama
Advertisement