Berita Terbaru

Subscribe

Subscribe

Subscribe

Subscribe

Subscribe

Subscribe

TERPOPULER

Pemkab Sampang Gelar Nuzulul Qur'an, Tingkatkan Keimanan dan Ketaqwaan

SAMPANG - Pemerintah Kabupaten Sampang gelar malam Nuzulur Qur'an. Kegiatan di tempatkan di Pendopo Bupati Sampang.Hadir dalam acara ini Forkopimda dan segenap Kepala SKPD serta Tokoh Agama, Senin malam (4/6/2018).

Phutut Budi Santoso selaku Sekretaris Daerah Kabupaten Sampang membuka acara ini dan  dilanjutkan oleh Pj Bupati Sampang, Jonathan Judianto. Dalam sambutannya, Jonathan menyampaikan Nuzulul Qur'an ini bisa meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT bagi ummat Islam dan juga seluruh undangan yang hadir.

Acara yang di awali lantunan ayat-ayat suci Al-Qur'an tersebut, berlangsung penuh kekhusukan dan penghayatan yang dihadiri ratusan para undangan. Prof Dr Ali Mudhoffir, MA, Guru Besar UINSA (Universitas Islam Negeri Surabaya) sebagai pengisi acara inti, atau pidato keagamaan tentang arti penting Nuzulul Qur'an.

Menurutnya, Nuzulul Qur'an secara harfiah berarti turunnya Al Qur'an (kitab suci agama Islam) adalah istilah yang merujuk kepada peristiwa penting penurunan Al-Qur'an secara keseluruhan diturunkan dari Lauhul Mahfuzh ke Baitul 'Izzah di langit dunia.

Prof Dr Ali Mudhoffir MA menekankan, di dalam bulan ramadhan yang penuh keberkahan setidaknya menjadi bulan intropeksi diri, khusunya umat Islam. Usia 40 tahun disebutkan dengan jelas dalam ayat QS. Al-Ahqaf: 15. Pada usia inilah manusia mencapai puncak kehidupannya baik dari segi fisik, intelektual, emosi, maupun spiritualnya. 

"Ramadhan itu Awalnya adalah Rahmat, Tengahnya adalah Maghfirah (ampunan) dan Akhirnya adalah Pembebasan dari Api Neraka, maka gunakanlah Bulan Ramadhan sebaik mungkin untuk beribadah meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah Swt" jelasnya. 

Bahkan apabila merujuk kepada Rasulullah SAW, beliau di saat malam Nuzulul Qur'an, setidaknya membaca surat Al Baqarah, Ali Imran dan An Nisa’, sebanyak 5 juz lebih.Prof. Dr. Ali Mudhoffir menjabarkan fakta - fakta tentang Nuzulul Qur'an yang jarang diketahui, menurutnya ada 3 teori turunnya Alquran.

Teori pertama, pada malam Lailatul Qadar, Al-qur'an dalam jumlah dan bentuk yang utuh dan komplit diturunkan ke langit dunia (sama' al - dunnya).Setelah itu, dari langit dunia, Al-qur'an diturunkan ke bumi secara bertahap sesuai kebutuhan selama 20/23/25 tahun.

Teori kedua, Al-qur'an diturunkan ke langit dunia selama 20 malam Lailatul Qadar dalam 20 tahun (Lailatul Qadar hanya turun sekali dalam setahun). Setelah itu dibacakan kepada Nabi Muhammad SAW sesuai kebutuhan.Teori ketiga, Al-qur'an turun pertama kali pada malam Lailatul Qadar. (din)

Post Comment

Tidak ada komentar:

Berikan Tanggapan Anda