Berita Terbaru

Subscribe

Subscribe

Subscribe

Subscribe

Subscribe

Subscribe

TERPOPULER

Akurindo Siap Kawal Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) Dalam Kongres Nasional Perdagangan Barang & Jasa Online


Ketua DPW Akurindo Jatim Menyerahkan Kartu Gerbang Pengawalan nasional Kepada Bank Indonesia.
MALANG - Kongres Nasional I Perlindungan Konsumen di Ballroom The Balava Hotel Malang digelar. Pertemuan sejumlah Gubernur Bupati dan Walikota se - Indonesia itu , menitik beratkan pembahasan regulasi inovasi e-commerce bagi industri UMKM Indonesia. “Dibutuhkan regulasi yg bisa mencegah meruginya konsumen untuk terciptanya persaingan bisnis yang sehat , guna mencegah terjadinya fluktuasi harga yang tidak teratur tanpa kontrol,“ katanya. Demikian Ketua DPW Akurindo Jatim Tutut Girianto menuturkan ke Soerabaia Newsweek Selasa (28/8/2018).

Melansir pidato Menteri Dalam Negeri melalui Staf Ahli Bidang Aparatur dan Pelayanan Publik dr Redonnyzar Moenek M. Devt. M. Dalam kongres, Moenek menambahkan, Kongres bertema “Perdagangan dan jasa Online “ gawean Lembaga Perlindungan Konsumen Nasional Indonesia (LPKNI) , Wakil Rektor Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) itu juga membahas , terkait pesatnya penggunaan inivasi e-commerce di indonesia.“Pesatnya penggunaan inovasi bisnis berbasis online , seperti Traveloka, Gojek, Grab , Toko Bagus menjadi referensi pentingnya regulasi,” jelasnya.

Pemerintah pun mempersiapkan langkah pengantisipasian dalam tahapan penyusunan kebijakan Urusan Wajib Daerah melalui Kominfo dalam urusan bidang Telekomunikasi Daerah. Dalam Undang Undang (UU) Perdagangan telah diatur bahwa Perlindungan Konsumen menjadi kewenangan Pemrov melalui Badan Perlindungan Sengketa Konsumen (BPSK). “Maka daerah memiliki posisi dan urgensi untuk hal tersebut dengan menampung program dan anggaran terkait dengan perlindungan konsumen,” paparnya.

Pihaknya mengemukakan harapannya agar Pemerintah Daerah (Pemda) dapat memfasilitasi tehnis pemasaran produk industri UMKM berbasis online. Keberhasilan mempergunakan kemajuan industri tehnologi internet itu membuktikan, bahwa diperkirakan 50 % pelaku bisnis telah mempergunakan metode Online sebagai strategi pemasaran handal.

Kongres Perdana Bagi dunia bisnis Industri UMKM tahun 2018 itu juga dihadiri Ketua DPW Akurindo Jatim Tutut Girianto, Ketua DPD Akurindo Malang Raya Budiyanto,SE dan Kepala Cabang Surabaya PT.ASPAN Arief Dwi Putra .S yang ikut mendukung terselenggaranya kegiatan tersebut, dimana pada kesempatan itu Ketua DPW Akurindo Jatim Tutut Girianto menyerahkan kartu GPN (Gerbang Pembayaran Nasional) kepada Bank Indonesia.(VDZ)

Post Comment

Tidak ada komentar:

Berikan Tanggapan Anda