Berita Terbaru

Subscribe

Subscribe

Subscribe

Subscribe

Subscribe

Subscribe

TERPOPULER

Pawai Seni Budaya Kelurahan Kalipang Spektakular

BLITAR - Dalam rangka memperingati Hari jadi Kabupaten Blitar yang ke 694,HUT Kemerdekaan RI yang ke 73 dan Bersih Kelurahan, Kelurahan Kalipang menggelar pawai budaya  minggu (23/09). Pawai Budaya kali ini diikuti oleh warga yg terdiri dari 3 RW, 38 RT, lingkungan perumahan, lingkup pendidikan yang berada di Kelurahan Kalipang Kecamatan Sutojayan Kabupaten Blitar, dengan jumlah peserta pawai sekitar 6000 orang. Lurah Kelurahan Kalipang Anob Subianto berharap agar kegjatan semacam ini menjadi agenda tahunan yang dapat diselenggarakan setiap Tahun sebagai bentuk hiburan bagi masyarakat dan bentuk pelestarian budaya lewat pawai budaya ini. "

Berdasarkan rembugan tokoh tokoh di kelurahan Kalipang menyepakati penyelenggaraan pawai seni budaya, untuk itu tujuannya agar bersih kelurahan diadakan setiap tahun sekali yang bemanfaat untuk tolak bala dijauhkan dari segala mara bahaya dan hal yang tidak baik,melalui bersih kelurahan dan pawai budaya setiap tahunnya menjadi kan hiburan bagi masyarakat, pelestarian budaya dan silahturahmi warga kelurahan Kalipang.” ujarnya.

Hadir dalam pemberangkatan pawai Camat Sutojayan Rustin yang kemudian melepas peserta pawai pada pukul 11.00 wib yang sebelumnya terlebih dahulu memberi sambutan. “ Kalau kita mensitir salah satu ayat dari lagu indonesia raya yang disitu jelas berbunyi bangunlah jiwanya bangunlah badannya untuk Indonesia Raya, bapak ibu sekalian hari ini insya Allah pak kepala kelurahan Kalipang membangun jiwa, membangun badan untuk seluruh warga masyarakatnya.” Sambutnya disambut gempita.

Kemeriahan pawai budaya yang diketuai oleh Bambang Tribawono diwarnai atraksi setiap peserta pawai ketika melewati panggung utama dan diberi waktu 1 menit untuk beratraksi dihadapan Muspika, tokoh masyarakat serta warga masyarakat yang begitu antusias menyaksikan satu persatu atraksi yang disuguhkan dari kelompok RT dan RW. Pawai yang bertemakan budaya ini menyuguhkan atraksi kebudayaan jawa seperti tari tarian, ritual slametan, Reog, cerita legenda rakyat dan mobil hias bertemakan pembangunan.

Selain kebudayaan Jawa ada pula atraksi budaya dari Madura lengkap dengan pakaian adat Madura. Pawai budaya kali ini cukup spektakuler melihat peserta yang antusias dengan kesiapan dan konsep yang matang atraksi yang semarak sehingga jalannya pawai budaya cukup memakan waktu hingga pukul 19.00 wib acara baru selesai. (VDZ)

Post Comment

Tidak ada komentar:

Berikan Tanggapan Anda