Berita Terbaru

Subscribe

Subscribe

Subscribe

Subscribe

Subscribe

Subscribe

TERPOPULER

LPKAN Indonesia DPD Jawa Timur Adakan Rapat Konsolidasi


Ketua DPD LPKAN Jawa Timur, Saiful Arief memberikan tumpeng kepada Ketua Umum LPKAN Indonesia, R.Mohammad Ali Zaini.
SURABAYA - Setelah pengurus DPP LPKAN (Dewan Pimpinan Pusat Lembaga Pengawas Kinerja Aparatur Negara) mengadakan roadshow ke sejumlah daerah-daerah untuk pembentukan DPD (Dewan Pimpinan Daerah) LPKAN, terakhir di DI Jogjakarta dan Jawa Tengah. 

Kini, giliran Sabtu siang, (20/10) LPKAN DPD Propinsi Jawa Timur mengadakan rapat konsolidasi dengan tema “Good Government and Clean Governance” yang diikuti puluhan pengurus, dewan penasehat, dewan Pembina dan dewan pakar, di Santika Hotel Surabaya. 

Ketua Umum LPKAN Indonesia, R. Mohammad Ali menegaskan” LPKAN lahir dari kedaulatan rakyat yang memiliki hak berpartisipasi untuk ikut mewujudkan cita-cita kemerdekaan Indonesia, selaras dengan Pancasila dan UUD 1945. Salah satu cara berpartisipasi itu, berbentuk pengawasan terhadap kinerja aparatur Negara,” dalam sambutannya. 

Sebagai NGO (Non-Government Organisasi) atau LSM dan sebagai lembaga kontrol sosial, LPKAN Indonesia sangat menyadari banyak yang harus dilakukan untuk membantu masyarakat menangani dan mengakselarasi segala bentuk ketimpangan sosial yang terjadi di lingkungan sosial kita, ujar pria yang akrab dengan panggilan Ali Zaini.

Menurutnya, LPKAN berbeda dengan LSM lainnya cara kerjanya, meskipun nama kita Lembaga Pengawas Kinerja Aparatur Negara bukan berarti kita mencari-cari kesalahan aparat Negara dan ingin mendapatkan imbalan sejumlah uang atau proyek, katanya menandaskan. LPKAN adalah lembaga kontrol sosial yang netral dan independen. 

“Netralitas dan independen ini dimaksudkan, tidak berafiliasi terhadap salah satu partai politik manapun. Visi LPKAN adalah terwujudnya masyarakat madani, adil dan makmur serta terciptanya Good Government and Clean Governance. Misi LPKAN, turut mengawasi kinerja pemerintahan demi terwujudnya pemerintahan yang transparan dalam segi layanan maupun informasi”.

LPKAN, masih kata Ali Zaini memberikan sumbangsih pemikiran dan pengawasan demi terwujudnya pemerintahan yang berintegritas dan bermoral turut serta mengawasi praktek monopoli persaingan usaha yang berimplikasi terhadap tindakan koruptif dan nepotisme, imbuhnya. 

Pada bagian lainnya, Saiful Arief, Ketua DPD LPKAN Jawa Timur menyatakan akan mengevaluasi nama-nama yang sudah terlanjur diberikan SK (surat keputusan) dari pengurus DPP LKAN Indonesia tapi masih belum efektif dalam kinerjanya dan akan diganti oleh orang lain yang lebih siap untuk bekerjasama dalam membangun LPKAN DPD Jawa Timur. Nama-nama pengurus yang sudah diberikan SK dari DPP, tapi tidak ada kejelasan atau pemberitahuan ketidakhadirannya  pasti akan dievaluasi.

“Kami tidak segan-segan untuk mencoret nama-nama yang sudah terlanjur mendapatkan SK dari DPP, tapi tidak mempunyai loyalitas dan berdedikasi akan segera diganti dengan calon pengurus yang siap bekerjasama,” sebutnya.

Dalam acara tersebut juga disampaikan Abdul Rasyid,Ketua OKK LPKAN Indonesia mengenai penerapan ideologi dan paradigma LPKAN Indonesia sebagai alat kontrol sosial dalam tataran kehidupan berbangsa dan bernegara. Sebelum dilakukan pemotongan tumpeng dan doa, pembekalan juga diberikan oleh Kol. Laut (Purn) Ir. Jusuf Mahdi, MM tentang pengertian bela Negara. (b)

Post Comment

Tidak ada komentar:

Berikan Tanggapan Anda