Piala Adipura Ke 12 Untuk Kota Probolinggo di Kirab

Walikota Rukmini saat menyerahkan piala Adipura kepada Kadis LH Budi Krisyanto sebelum kirab.

PROBOLINGGO - Rangkaian kegiatan diterimanya Penghargaan Adipura kategori kota sedang yang kali ini secara berturut diterima kota Probolinggo untuk ke 12 kalinya, diakhiri dengan agenda Kirab piala Adipura yang didahului dengan apel di depan rumah dinas Walikota sekaligus sebagai titik pemberangkatan dan berakhir di alun-alun kota Probolingg, Jumat (25/1).

Kirab diawali dengan penyerahan piala Adipura oleh Walikota kepada Kepala Dinas Linglingan Hidup (DLH) kota Probolinggo, Ir Budi Kriyanto MSi, disaksikan seluruh undangan yang terdiri Habib Hadi Zainal Abidin, Walikota terpilih, Kepala OPD Pemkab setempat, FKPD, Kepala OPD dilingkup Pemkot Probolinggo, lainnya. Selanjutnya Piala Adipura ini dikirab menelusuri rute yang telah ditentukan panitia.

Walikota Probolinggo, Hj Rukmini SH, M.Si dalam sambutannya mengatakan prestasi penghargaan Adipura secara berturut turut hingga ke 12 kali  ini, tidak lepas dari dukungan masyarakat kota Probolinggo yang telah memberi semangat pada Pemerintah Daerah untuk menkciptakan kebersihan secara bersama. “Dengan diperolehnya penghargaan Adipura ini, menambah deretan panjang penghargaan yang diperoleh Pemkot Probolinggo. 

Walikota bersama Habib Zainal Abidin (walikota terpilih) serta undangan dalam kegiatan kirab Adipura.

Keberhasilan mendapatkan Adipura tidak lepas Dari peran serta masyarakat dan dunia usaha melalui pergerakan potret pemilahan sampah yang terarah. Peran CSR juga sangat membantu termasuk secara rutin membersihkan sungai guna mengantiipasi bencana. Kerjasama ini harus terus dijaga, intinya kesadaran dan kepedulian lingkungan, erat kaitannya dengan sinergi dan konsistensi 3 pilar yakni masyarakat, Pemerintah dan dunia usaha.”Ujarnya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) kota Probolinggo, Ir Budi krisyanto M.Si dalam laporannya mengatakan  bahwa prestasi yang diraih oleh kota Probolinggo dalam bidang lingkungan hidup selama dipimpin Walikota Rukmini meliputi, pada  tahun 2014 diraihnya penghargaan Adipura Kencana, Otonomi Award dalam hal pengelolaan lingkungan hidup yang diserahkan Gubernur Jawa Timur. 

Kemudian Adhiwiyata Mandiri bagi SDN  Mangunharjo 12, SDN Sumber Wetan 2 dan SMAN 1 dan SMAN 3. Penghargaan Adiwiyata Nasional diterima oleh SMPN 7, SDN Sukabumi 2 dan SDN Kebonsari Kulon 2, Wahana tata Nugraha Tingkat Nasional. “Tahun 2015, kemudian kembali Penghargaan Adipura dapat diraih, TPA terbaik nasional, Penghargaan Wahana Tata Nugraha tingkat nasional. Adiwiyata nasional diraih MAN 1, dan SMK Aerotika. Penghargaan Adiwiyata nasional diperoleh SDN Tisnonegaran 12. 

tingkat nasionalkemudian o kembalimeraih ata Nugraha,  lingkungan hidup selama Walikota Pada tahun 2017 kota probolinggo kembali meraih penghargaan Adipura, Adiwiyata Mandiri oleh SDN Sukoharjo 2, SDN Kedungasem 4 dan MAN 2. Disusul tahun 2018 kota ini memperoleh penghargaan Adipura, adiwiyata nasional yang didapat SDN Kebonsari Kulon 1, penghargaan informasi kinerja pengelolaan lingkungan hidup tingkat Jatim, meraih tingkat pertama. “Atas segala prestasi yang diperoleh Pemkot Probolinggo, kami menyampaikan penghargaan yang setinggi tingginya dan kami siap melanjutkan mengelola lingkungan hidup untuk kota Probolinggo.”Pungkas Kadis LH, Budi Krisyanto. 

Sementara Habib Hadi Zainal Abidin, Walikota Probolinggo terpilih dalam ajang Pilkada beberapa waktu lalu saat diwawancarai terkait kegiatan tersebut menjelaskan menyangkut Adipura yang hingga kini sudah diraih untuk ke 12 kalinya “Satu apresiasi terhadap kota Probolinggo utamanya dalam hal menata kebersihan, maka kami wajib mempertahankannya. Yang baik kita pertahankan dan yang kurang kita perbaiki untuk mengarah yang yang lebih baik.”Jelas Habib Hadi. (Suh)

Posting Komentar

0 Komentar