Rencana Pemkot, Sekolah SMA Swasta Gratis dan Dapat Transport


Surabaya NewsWeek-  Kepedulian Pemkot Surabaya  kepada anak putus sekolah, maupun anak – anak yang terancam putus sekolah,  patut diacungi jempol  pasalnya,  Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya berencana membangun SMA swasta gratis, bahkan kualitasnya hampir  sama dengan SMK.

“SMA swasta ini, kualitasnya seperti SMK. Nanti kita banyak pelatihan-pelatihan, sehingga kalau mereka sudah selesai sekolah di situ, maka mereka siap bekerja,” papar Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini di Balai Kota Surabaya kemarin yang lalu.

Mereka juga akan diberikan sertifikat-sertifikat pelatihan, yang menjadi tanda bahwa, siswa itu sudah menguasai keterampilan tersebut. Lewat cara ini, maka mereka akan lebih siap dan layak, untuk bekerja usai lulus sekolah.

“Nanti fasilitasnya ada laboratorium-laboratorium, seperti ada bengkel, misalnya, mereka juga fokus di bangunan, nanti ada laboratorium bangunan. Jadi, yang kita perkuat nanti justru laboratoriumnya,” ujar Risma.

Masih Risma, rencananya sekolah ini nanti, akan menempati eks Kantor Kelurahan Dukuh Pakis, karena lokasinya sangat luas dan merupakan bangunan dua lantai, sehingga bangunan ini tinggal difungsikan.

“Regulasinya akan kita matangkan dulu supaya benar-benar siap untuk digunakan,” tandasnya.

Risma menjelaskan bahwa, untuk membangun sekolah swasta yang gratis ini, Pemkot Surabaya akan menggandeng BUMN, BUMD dan pihak swasta.

Tujuan utamanya, untuk membantu anak-anak kita yang kurang mampu. “Nanti kita hanya bikin satu sekolah saja,” imbuhnya.

Selain berbagai fasilitas itu, lanjut  Risma, ia juga memastikan akan menyiapkan transport para siswa ini untuk pulang pergi ke sekolah itu.

Harapannya, mereka tidak dibebani masalah transport, sehingga mereka nyaman dan bisa focus, hanya untuk sekolah mempersiapkan masa depannya.

“Jadi, ini muaranya hanya untuk kesejahteraan warga Surabaya,” tambahnya. ( Ham )

Lebih baru Lebih lama
Advertisement