Dinkes Giat Tangani Penyakit TB Agar Tidak Menular Ke Masyarakat



TULUNGAGUNG - Penderita penyakit tuberculosis ( TB ) harus ditangani dengan cepat supaya tidak tertular ke yang lain. Tempat tempat yang disisir pertama rumah kos, asrama, binaan di lapas dan pondok pesantren, ucap Didik Eka Kasi P2M. 

Penularan bisa terjadi ditempat tempat padat yang tidak dapat terlihat seperti lapas sempitnya penghuni binaan dapat memicu penularan yang sangat luas. Kadang yang tersulit banyak pasien menyembunyikan diri adanya TB yang  dikabarkan penyakit memalukan, hal ini yang dilakukan secara ekstra agar pasien tidak malu penyakitnya. 

Pada bulan januari dan Pebruari ini ada 284 pasien yang diketemukan. Untuk itu dinas kesehatan Tulungagung terus bergerak mencari pasien TB, seperti petugas yang disiagakan di lapas untuk  pengunjung yang mereka mempunyai gejala penyakit, seperti pengambilan Sempel dahak disediakan ruang khusus pengambilan sempel, karena pengunjung mengunjungi warga binaan lapas, selain itu dinkes bekerjasama dengan dinas tenaga kerja ( Disnaker ) melakukan screening TB kepada calon tenaga kerja indonesia ( TKI ).  (Rid/Nan)
Lebih baru Lebih lama
Advertisement