Dinsos Berikan Bantuan Peralatan Bagi Puluhan Lansia di Kota Probolinggo


Walikota Hadi Zainal Abidin disampingi Kadinsos Zainullah saat memberikan secara simbolis bantuan peralatan pada para lansia.
PROBOLINGGO - Komitmen Pemerintah kota Probolinggo dalam upaya memperhatian kehidupan warga lanjut usia (Lansia) di kota ini, secara signifikan dapat dilihat ketika Pemkot melaui Dinas Sosial (Dinsos) secara berkesinambungan melakukan pemberian bantuan terhadap para lansia. Hal ini seperti yang nampak saat Dinsos kota Probolinggo menyerahkan sejumlah bantuan peralatan usaha bagi lansia yang tersebar di 29 Kelurahan di kota ini, Jumat (14/3).

Acara Dinas Sosial yang dilangsungkan di Kecamatan Kedopok ini dihadiri oleh Walikota Probolinggo Hadi Zainal Abidin yang didampingi Kepala Dinas Sosial Zainullah berkesempatan sekaligus membuka kegiatan tersebut.  Selain itu hadir Asisten, Staf ahli, sejumlah kepala OPD dilingkup Pemkot Probolinggo, Camat, Lurah serta warga penerima bantuan. Sedangkan pendanaan atas bantuan ini berasal dari APBD dalam pos Dinsos. Sedangkan lansia penerima bantuan tercatat sebanyak 31 orang dari 29 kelurahan yang ada di kota Probolinggo.

Walikota Habib Hadi Zainal Abidin dalam sambutannya mengatakan bahwa bntuan ini merupakan satu bentuk kepedulian terhadap para lansia agar dalam menjali kehidupan dimaksyarakat, lansia dapt menunjukkan karyanya dengan didukung fasilitas yang diberikan.   Walikota juga menyampaikan ,bahwa bantuan peralatan ini bisa dipergunakan dengan baik, sehingga bisa menambah perekonomian keluarga. 

Bahkan Walikota mengingatkan pada para penerima bantuan agar bantuan yg diberikan ini jangn sampai di jual atau dipindah tangankan. “Kami berharap, bantuan ini semaksimal mungkin dapat dimanfatkan denganbaik dan kami tidak ingin bantuan ini dipindahtangankan atau dijual.”Ujar Walikota. Selain bantuan peralatan bagi lansia,pemerintah juga memberikan bantuan kepada PMKS lain yg ada di kota probolinggo.

Dalam keempatan tersebut, Walikota Habib Hadi Zainal Abidin berkesempatan secara simbolis memberikan bantuan peralatan usaha bagi lansia yang diwakili oleh beberapa orang. Selanjutnya bantuan ini diteruskan penyerahannya oleh kabid Pelayanan dan Rehabilitasi Sosial,  Imro'atun hasanah,S.Pd.MM dengan didampingi Kasie Pelayanan dan Rehabilitasi Sosial  anak  dan Lansia, Titik Sulistyowati, S.Sos di shelter Dinas Sosial kota probolinggo.

Disela sela acara penyerahan bantuan yang dimaksud tersebut kabid rehabsos, Imro’atun Hasanah menyampaikan bahwa bantuan ini harus benar-benar dipergunakan sesuai peruntukkannya dan jangan sampai di jual. “Bapak dan Ibu, kami minta bantuan peralatan ini sedapat mungkin bisa dimanfaatkan sesuai peruntukannya. Kakalupun ada hal yang kurang dipahami, nanti kami bisa membantu sehingga peralatan ini bisa dipergunakan dengan baik.”Ujar Imro’atun. 

Sepanjang kegiatan pemberian bantuan bagi warga kanjut usia ini Nampak berjalan cukup lancar. Bahkan seseskali Walikota berdialog dengan para lansia. Sementara Kadinsos kota Probolinggo Drs Zainullah MM saat dimintai penjelasan terkait kegiatan tersebut mengatakan “Bantuan ini kami sesuaikan dengan kebutuhan para lansia. Yang pasti peralatan ini dapat dimanfaatkan untuk aktifitas para lansia, terlebih ada peralatan yang berfungsi untuk usaha, sehingga bisa dijadikan sarana untuk menopang perekonomian. ”Ujar Zainullah. (Suh)
Lebih baru Lebih lama
Advertisement