Kampung KB Jambewangi Menjadi Pilot Project Nasional

BANYUWANGI - Desa Jambewangi kecamatan Sempu Banyuwangi merupakan pilot project sebagai Kampung Keluarga Berencana (KB) Nasional. Pencanangan itu di lakukan oleh Kepala BKKBN Nasional pada 2,5 tahun yang lalu, dan sekarang menjadi percontohan Kampung KB tingkat Propensi Jawa Timur. 

Banyak tamu-tamu penting  dari 37 kabupaten /kota se-Jawa Timur , mengadakan study banding dan ngasuh kaweruh di kampung KB desa Jambewangi. Baru-baru ini pada hari Kamis (27/2) ada rombongan tamu dari kabupaten Bantul DI Jogjakarta.

Kedatangannya ke Kampung KB desa Jambewangi diterima oleh kepala desa Jambewangi “ Supriono,SE. di kantor desa Jambewangi, yang didampingi  Kasi Bidang Pengendalian Penduduk BKKBN Jawa Timur.

Di pendopo kantor desa Jambewangi Supriono,SE memberikan pemaparan,bahwa Kampung KB merupakan Upaya Meningkatkan Kwalitas Hidup Keluarga dan Masyarakat Pinggiran.

Pengertian Kampung KB, yaitu satuan wilayah setingkat desa dengan kreteria tertentu, dimana terdapat keterpaduan program. KKBPK dan pembangunan sektorte3rkait dalam upaya meningkatkan kuwalitas hidup keluarga dan masyarakat. 

Kreteria Pembentukan Kampung KB, Jumlah keluarga Pra sejahtera di atas rata-rata tingkat desa, dimana kampung tersebut berada. Jumlah peserta KB dibawah rata-rata pencapian peserta. Kreteria wilayah; Kumuh, pesisir nelayan,daerah aliran sungai, bantaran kereta api, kawasan miskin, terpencil, perbatasan, kawasan industry, padat penduduk.

Tujuan dan strategis pengelolahan Kampung KB. Untuk Meningkatkan Kwalitas Hidup Keluarga dan Masyarakat melalui; Mendekatkan pelayanan program KKBPK dan pelayanan dasar. Penguatan 8 fungsi keluarga. Partisipasi aktif masyarakat. Pembangunan yang terintegrasi lintas sector.

Indikator Keberhasilan Kampung KB yaitu. 1)Kependudukan.KB dan Pembangunan Keluarga meliputi Terbinanya kesertaan KB.setiap keluarga mampu melaksanakan fungsinya secara optimal,tumbuh dan berkembangnya gotong royong masyarakat dalam membangunkampung KB. 2) sector pembangunan lainya yang disesuaikan sasaran keberhasilan yang didusun oleh sector bersangkutan.

Manfaat Yang diharapkan. Masyarakat pusat perhatian dan intervensi kegiatan dari lintas sector, meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Pemerintah Daerah mempercepat pembangunan dan perkembangan daerah. Lintas sector wadah implementasi kegiatan dan perce3patan capian program. BKKBN percepatan capian program KKBPK.

Dukungan anggara Kampung KB th 2018. Pencanangan Kampung KB di 6727 desa @Rp 10 jt. Sosialisasi dan pengembangan program KKBPK di kampung KB bersama mitra kerja di 312 Lakus. DAK BOKB di 7160 kecamatan. Kab DTPK @ Rp 100 jt. Kabupaten @Rp 90 jt. Kota @Rp 80 jt. Katanya. (jok)

Posting Komentar

0 Komentar