Pembinaan Karakter 1.800 Siswa SMP, Ini Motivasi Risma



Surabaya NewsWeek- Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya melalui Dinas Pendidikan (Dispendik) Surabaya menggelar pembinaan karakter dan peningkatan prestasi pelajar Surabaya bersama Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, Selasa (12/3/2019). Pembinaan karakter yang digelar di Gedung Convention Hall Jl. Arif Rahman Hakim itu diikuti oleh sekitar 1.800 siswa dari 50 lembaga SMP di bawah naungan Yayasan Nahdlatul Ulama (NU) se-Kota Surabaya.

Sebelum pembinaan karakter yang disampaikan oleh Wali Kota Risma, ribuan siswa itu diberi pemahaman tentang bahaya narkoba dan minum-minuman keras oleh dr Daniek. Mereka pun fokus mendengarkan sosialisasi itu.

Selanjutnya, Wali Kota Risma menyampaikan motivasinya kepada ribuan siswa-siswi itu. Wali kota yang juga menjabat sebagai Presiden UCLG Aspac (United Cities Local Governments Asia-Pacific) itu menjelaskan di dalam kitab suci Al- Quran sudah dituliskan tentang berbagai hal yang harus ditinggalkan oleh umat muslim. Allah SWT memberikan larangan kepada umat manusia tentu ada alasan-alasannya. Salah satunya demi menjaga kesehatan.

"Misalkan kalau minum-minuman keras, itu akan ada jutaan sel dalam diri kita yang mati. Jadi, ada alasan Allah SWT melarang, bukan hanya sekadar tulisan di Al- Quran. Jadi, anak-anakku, kalau ada orang yang tidak dikenal atau yang dikenal mengajak minum, narkoba, pergaulan bebas, jangan takut menolak. Kalian harus berani menolak," kata dia.

Menurut Wali Kota Risma, dengan matinya sel-sel otak itu, maka otak akan rusak, sehingga kalau otaknya rusak, tidak bisa digunakan berpikir jernih serta tidak bisa sekolah. Bukan hanya itu, sekali terpengaruh dan mencoba, berefek ketagihan dan akan sulit lepas.

"Di sekolah kalian sebenarnya punya bekal kuat, yakni ilmu-ilmu akademik dan ilmu agama. Artinya, kalian semua punya pertahanan yang kuat untuk melindungi diri dari godaan-godaan yang dilarang oleh agama," tegasnya.

Wali kota perempuan pertama di Kota Surabaya ini melanjutkan, semua orang yang ada di muka bumi pasti memiliki masalah, tak terkecuali Wali Kota Surabaya. Meskipun anak-anak memiliki masalah, misalkan berasal dari keluarga kurang mampu, anak yatim, piatu, atau yatim piatu, orang tua bercerai, tetap memiliki hak yang sama untuk sukses dan berhasil.

"Yang membuktikan orang bisa berhasil atau tidak, itu dari usahanya berhasil menghadapi ujian dari Allah SWT. Kalau punya masalah, jangan lari ke narkoba atau minuman keras. Hadapi itu semua. Ibu itu masalahnya berat dan sering mengadu ke Allah, karena ibu percaya dan yakin," ujarnya.

Wali Kota Risma kembali menegaskan bahwa Allah itu Maha Adil. Dengan demikian, bukan orang kaya dan orang pintar saja yang berhak berhasil. Siapapun dan dari keluarga manapun, baik itu petani, nelayan, tukang batu, dan lain-lain, semuanya berhak sukses dan berhasil.

"Tuhan memang menciptakan kita berbeda-beda. Tapi Tuhan Maha Adil, semua diberi kesempatan untuk berhasil dan sukses. Tidak dibeda-bedakan. Manusia diwajibkan berusaha dan berdoa. Sekarang tinggal kalian mau atau tidak," tambahanya. ( Ham )

Lebih baru Lebih lama
Advertisement