Berjuang Bersama Masyarakat Demi Memajukan Desa Jorongan


Masuni, Kepala Desa Jorongan Kecamatan Leces Kabupaten Probolinggo.

PROBOLINGGO - Menciptakan satu kondisi wilayah yang sarat dengan kemajuan, merupakan dambaan semua pihak utamanya masyarakat yang mendiami wilayah tersebut. Hal ini menjadi komitmen bagi Masuni, Kepala Desa (Kades) Jorongan Kecamatan Leces Kabupaten Probolinggo yang dalam menjalankan tugas memimpin desa ini selalu mengedepankan kepentingan masyarakat desanya.

Kenyataan ini dibuktikan oleh pria yang menjabat sebagai Kades sejak empat tahun kebelakang dan telah banyak memberi sentuhan kemajuan bagi desa yang dipimpinnya. Berbagai sisi pembangunan menjadi prioritas untuk diwujudkan sesuai dengan keberadaan anggaran yang dimiliki. Sejumlah infrastruktur secara bertahap mampu direalisasikan keberadaannya, seperti pembangunan plengsengan, Makadam, Pavingisasi, pengaspalan hingga pembangunan sarana prasarana pendidikan dan fasilitas umum lainnya.

“Kita berupaya agar gerak laju pembangunan didesa ini dapat dirasakan oleh masyarakat, terutama masyarakat yang berada di dusun dan blok desa  yang selama ini belum mendapatkan sentuhan pembangunan. Tentunya semua berdasar skala prioritas, sehingga lokasi yang sekiranya sangat perlu diadakan pembenahan, kami prioritaskan untuk tertangani.”Ujar Masuni.

Dalam kepemimpinannya, sosok yang akrab dengan berbagai organisasi kemasyarakatan sebelum menjabat sebagai Kades ini, hal yang tidak begitu sulit ketika pria ini melakukan pendekatan secara persuasif kepada warganya. Menurut Masuni, selain memperhatikan kebutuhan warga akan sarana dan prasarana, juga yang tak kalah pentingnya adanya layanan yang maksimal di kantor desa. 

“Hal ini yang sangat perlu diperhatikan yakni pelayanan terhadap masyarakat. Secara pribadi, saya tekankan pada staf desa untuk selalu memaksimalkan bentuk layanan sesuai dengan tugas masing-masing. Jangan sampai ada persoalan yang tidak bisa terselesaikan dan kami berusaha untuk selalu mengedepankan koordinasi antar perangkat demi kelancaran tugas pelayanan di kantor desa.”Ungkapnya.

Seperti diketahui, Desa Jorongan kecamatan Leces selain menjadi salah satu bagian dari wilayah kecamatan yang mengandalkan sektor pertanian, ternyata desa ini juga dijadikan sentra kerajinan meubel atau furniture. “Terkait usaha masyarakat desa ini pada sektor usaha kerajinan mebel, kami upyakan agar sentra meubeler ini terus berkembang dengan memantau dan memfasilitasi kebutuhan masyarakat yang akan kami teruskan pada dinas terkait.”pungkasnya. 

Dengan sarana kantor desa yang dinilai cukup megah, kiranya Desa Jorongan Kecamatan Leces akan semakin menunjukkan jati dirinya sebagai desa percontohan dalam berbagai bidang utamanya untuk kecamatan Leces. (Suh)
Lebih baru Lebih lama
Advertisement