Ikhsan : Psikolog Khusus Untuk SD, SMP Tidak Perlu



Surabaya NewsWeek- Untuk menangani berbagai permasalahan di sekolah Dasar diwilayah Kota Surabaya, Pemerintah Kota ( Pemkot ) Surabaya, melalui Dinas Pendidikan sudah menyediakan psikolog, namun psikolog ini bukan hanya menangani para murid yang bermasalah, akan tetapi bisa juga dimanfaatkan para guru dan orang tua.

Memurut Kepala Dinas Pendidikan Surabaya Ikhsan saat berdiskusi dengan wartawan di ruang Bagian Humas Kota Surabaya, Rabu (24/4/2019) sore, pihaknya sudah bekerja sama dengan para psikolog yang ada di Puspaga, Puskesmas, DP5A Surabaya serta Asosiasi Psikolog Sekolah Indonesia (APSI).

“Psikolog-psikolog itu dibagi di beberapa wilayah Surabaya. Dan tiap wilayah menangani beberapa sekolah, jadi mereka tidak berada di tiap sekolah,” papar Ikhsan.

Jika ada sekolah yang membutuhkan keberadaan psikolog, maka psikolog yang ada di wilayah Surabaya dimana, sekolah itu berada, yang akan diterjunkan. Bahkan saat siswa SD akan menjalani USBK, para psikolog itu, dihadirkan untuk memberikan semangat kepada para siswa. 

Begitu juga saat ada kejadian yang baru saja terjadi di SD Balongsari. Dikabarkan salah satu siswa menendang tangan kepala sekolahnya hingga patah, psikolog ini pun hadir. Namun kasus itu tak sampai diperpanjang, lantaran orangtua siswa dan pihak sekolah juga sudah berdamai.

“Keberadaan psikolog ini memang untuk menangani sekolah dasar saja. Sementara untuk SMP tak diperlukan karena di SMP sudah ada guru BP. Guru BP inilah yang menjadi pengganti para psikolog tersebut,” tambahnya. ( Ham )

Posting Komentar

0 Komentar