Komitmen Kades Ngepoh Dalam Memaksimalkan Layanan dan Pembangunan di Desanya


Drs Salehuddin, Kades Ngepoh Kec Dringu.

PROBOLINGGO - Penanganan secara maksimal terhadap satu wilayah merupakan dambaan masyarakat yang berdomisisli di lokasi tersebut. Untuk menciptakan satu kondisi wilayah yang menyangkut berbagai segi, diperlukan peran pemimpin yang paham akan letak dan karakteristik penduduknya. Hal ini yang terlihat pada kepemimpinan Drs Salehuddin, Kepala Desa Ngepoh kecamatan Dringu Kabupaten Probolinggo yang secara intens melaksanakan gerak pembangunan bagi desanya.

Menurut Salehuddin, bukan hal mudah mengarahkan warganya untuk berprilaku hidup yang bertujuan memakmurkan desanya, namun dibutuhkan berbagai aspek termasuk pola pendekatan pada masyarakat desa yang dipimpinnya. Budaya gotong royong, salah satu yang ditekankan oleh Kades pada rakyatnya demi menciptakan satu kondisi desa yang Aman, Maju dan kondusif. Menyangkut pola kinerja Pemerintahan desa yang tidak melepaskan prioritas pelayanan bagi warga yang berkepentingan mengurus keperluannya di kantor desa, juga selalu ditekankan oleh Kades yang satu ini pada staf desanya.

“Bagaimanapun salah satu  letak positif dari sebuah pemdes (pemerintah desa) dinilai dari segi pelayanan terhadap masyarakatnya. Jadi dalam memberi layanan kepada warga, kami selalu berkoordinasi dan secara maksimal memberikan yang terbaik bagi warga. Kita hilangkan birokrasi yang ujungnya hanya mempersulit masyarakat."Ujar Salehuddin.

Dilihat dari potensi yang ada didesa Ngepoh, hampir 90 persen masyarakat setempat mengandalkan sektor pertanian sebagai mata pencaharian dan selebihnya, warga setempat berprofesi beragam. Terkait pemanfaatan lahan pertanian yang mendominasi di desa ini, Kades berupaya agar sektor ini selalu diperhatikan dengan serius, termasuk memfasilitasi pengadaan sarana prasarana yang mendukung eksisnya sektor ini. 

Sejumlah pembangunan plengsengan untuk pendukung pengairan pertanian telah dilakukan do desa tersebut. “Kami berupaya agar Dana Desa ataupun ADD dapat tersalurkan sesuai peruntukannya seperti pembangunan infrastruktur yang ada di setiap dusun di desa ini mulai pembuatan Drainase, Pavingisasi, macadam hingga pengaspalan. ”ungkap kades Ngepoh.

Selain itu terkait penggunaan anggaran desa untuk pos kemasyarakatan sperti Karang taruna, Posyandu dan lainnya dapat dilaksanakan secara maksimal.  Solehuddin berharap dengan adanya gerak laju pembangunan di desa Ngepoh, akan memberi motivasi pada masyarakat untuk ikut menjaga dan memelihara asset yang ada di desanya, termasuk menjaga keamanan demi terciptakan kondisi desa yang aman dan kondusif. (Suh)

Posting Komentar

0 Komentar