Keluhan Air Bersih Warga Desa Gulbung Sampaikan Saat Bupati Lakukan Safari Ramadhan


SAMPANG - Abdus Somad warga Desa Gulbung menyampaikan keluhannya terhadap Bupati Sampang H. Slamet Junaidi terkait sulitnya mendapatkan air bersih di Desa Gulbung Kecamatan Pangarengan. Keluhan ini di sampaikan di saat Bupati Sampang menghadiri Safari Ramadhan di Masjid Sabilul Khairat Dusun Talon Desa Gulbung, Selasa (14/5/2019).
" Kami di sini setiap warga sangat kesulitan mendapatkan air bersih jika musim kemarau tiba. Rata rata warga disini untuk mengkonsumsi air bersih sangat kesulit, walaupun ada sumur namun tidak layak di konsumsi oleh warga karena airnya asin.

Selain itu,kami warga desa Gulbung minta tolong ke Bupati untuk di bantu tentang air bersih,setidaknya di usahakan penyaluran air bersih lewat PDAM.Keluhan warga di sini sudah disampaikan ke Bupati sebelumnya,namun yang di dapatkan hanya janji bukan bukti, “ungkapnya.

Warga Desa Gulbung sangat berharap di eranya Bupati yang sekarang ini bisa terserap aspirasi warga Desa Gulbung agar warga di sini tidak kesulitan lagi dengan air bersih. Menanggapi keluhan warga Desa Gulbung Bupati Sampang H Slamet Junaidi memberi penjelasan, sebetulnya sudah ada Spam dari Desa Kanjer, itupun sudah terialisasi pipanisasi termasuk penampungannya yang berada di Kecamatan Torjun. Semua itu sudah mengalir air bersih dari Torjun sampai ke Desa Bringin Nunggal.Selain itu,kita juga melihat sumber air berapa debit per detiknya baru bisa di alokasikan ke Kecamatan Pangarengan nantinya, "ujarnya.

Ia menambahkan,adapun yang dari timur pipanisasi itu baru sampai di Desa Aing Sareh Kecamatan Sampang. Nah kebetulan di Desa Gulbung ini ada sumber air bersih dan itupun sudah dilaporkan ke pihak PDAM." Kami sudah mengadakan rapat terkait sumber air bersih yang ada di Desa Gulbung,dan berapa debit air per detik semua itu sudah di kaji dalam rapat bersama PDAM, “tambahnya.

Menanggapi hal tersebut pihak PDAM mengatakan,terkait persoalan air bersih di Desa Gulbung sedang dalam pengkajian. Pihak PDAM sendiri sudah melakukan pendekatan ke warga,namun pihak yang punya lahan belum melepaskan. " Kajian awal debit air yang ada di Desa Gulbung 7 liter/detik hingga 10 liter/detik.Namun cukup, kalau dikatakan 10 liter/ detik, 1 liter/ detik untuk 80 SR jadi hitungannya kalau 80 x 10 sehingga menghasilkan 800 SR dan itupun bisa cukup untuk air bersih di wilayah Kecamatan Pangarengan,ungkapnya dengan singkat. (din)

Posting Komentar

0 Komentar