Akibat Curah Hujan Yang Terus Menerus Tanbu Dilanda Banjir


BATULICIN - Beberapa wilayah di Kabupaten Tanah Bumbu ( Tanbu) terendam banjir akibat curah hujan yang cukup tinggi. Adapun Desa yang terendam banjir adalah Kecamatan Kusan Hulu, Kecamatan Satui, Kecamatan Mentewe serta Kecamatan yang berada ditengah kota yakni kecamatan Simpang Empat.

Akibat curah hujan yang tinggi akhirnya melumpuhkan aktifitas warga. Mereka tidak bisa melakukan aktifitas, mereka hanya berdiam dirumah dan tidak dapat berbuat apa - apa. Dikecamatan Kusan Hulu sendiri menurut Patroli Polsek Kusan Hulu yang dilaporkan oleh Briptu M. Ikhsan Ariyanda dan Brigadir Sufarman kondisi airnya masih normal walaupun ada peningkatan debit air namun tidak terlalu signifikan. 

Walaupun air sudah masuk kedalam rumah dan pekarangan rumah warga namun debitnya tidak ada peningkatan, artinya tetap dalam batas yang aman. Memang yang dikhawatirkan warga adalah desa - desa yang berada dibantaran sungai seperti Desa Lasung, Desa sungai rukam, Desa Manuntung, Desa Anjir Baru dan Desa Hati'if, warganya tentu dalam posisi siap siaga, mengingat mereka pernah mengalami banjir besar yang menenggalamkan rumah mereka.



"Oleh sebab itu kami siaga 1 pak, kalau - kalau terjadi lagi banjir seperti dulu, soalnya hujannya seharian penuh, makanya kami khawatir, "ungkap salah satu warga kusan hulu.

"Menurut Tim Cek Siaga Banjir Polsek Kusan Hulu, Peningkatan debit air hanya terjadi di Desa Hatief dan Desa Mangkalapi Kec. Kusan Hulu  yakni kenaikan debit airnya mencapai 10 cm"ujar laporan Tim

Sementara itu debit air di sungai Sila  Selilau dan sungai Mantewe tepatnya  di Desa Dukuh Rejo belum ada peningkatan. Namun ketika Kapolsek Mentewe Iptu Wahyudi  S.Sos. bersama Camat Mentewe H. Sulhadi, S.Sos.MIP Dan ramil Mentewe Pelda Ahmad Fahruji melakukan pengecekan debit air disungai Sila Selilau ternyata airnya sudah masuk kedalam rumah - rumah warga di Rt 01, Rt 02, Rt 07 Rt 08 dan Rt. 11. 5 Rt inilah yang terkena dampak akibat banjir 

"Walaupun demikian debit airnya masih dalam batas yang aman namun warga dihimbau untuk tetap terus waspadah, karena cuaca masih dalam situasi yang mengkhawatirkan, "Kata laporan

Sementara di Kecamatan Simpang Empat, kecamatan yang berada diibukota Tanbu ada 3 desa yang terendam banjir yakni Kelurahan Kampung Baru, Desa Bersujud dan Desa Barokah, ketinggian air rata - rata diatas lutut orang dewasa. (Irfan)
Lebih baru Lebih lama
Advertisement