Bagian Pembangunan Gelar Bimtek Pengadaan barang/Jasa Pemerintah Dalam Kegiatan Pembangunan Tingkat Kelurahan


Gofur Effendy ST,MSi Kabag Administrasi Pembangunan saat menyampaikan laporan.

PROBOLINGGO - Guna memberikan pembekalan dan referensi untuk memahami esensi atas ketentuan pengadaan barang dan jasa pemerintah secara menyeluruh dan penerapannya dalam kegiatan pembangunan sarana dan prasarana ditingkat kelurahan dan pemberdayaan masyarakat di kelurahan serta memberikan solusi atas permasalahan yang timbul dalam pelaksanaan pengadaan, maka Pemkot Probolinggo melalui Bagian Administrasi Pembangunan menggelar kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) yang dilangsungkan selama dua hari, Rabu - Kamis (12-13 Juni 2019).

Walikota Habib Hadi Zainal Abidin saat memberikan sambutan dalam kegiatan Bimtek.

Acara yang ditempatkan di Orin Hall & Resto Jalan DI Panjaitan kota Probolinggo ini dihadiri oleh Walikota Habib Hadi Zainal Abidin, Wakil Walikota, Staf Ahli Bidang Pembangunan Ekonomi dan Keuangan, narasumber dari bagian Layanan Pengadaan Kabupaten Pasuruan serta 200 peserta yang terdiri dari Lurah, Sekretaris Lurah selaku pejabat penatausahaan keuangan dan pejabat pelaksana teknis kegiatan dari 29 kelurahan dilingkungan Pemkot Probolinggo, Kasubag program dan pejabat pegadaan dari kecamatan, Pejabat Pembuat Komitmen dari perangkat daerah dilingkup Pemkot Probolinggo serta Anggota Tim penyusun Peraturan Walikota tentang pedoman pelaksanaan pembangunan saran prasarana.

Gofur Effendy ST,M.Si selaku Kepala Bagian Administrasi Pembangunan Pemkot Probolinggo dalam laporannya mengatakan bahwa maksud dan tujuan diadakan kegiatan Bimtek tersebut yakni untuk sosialisasi peraturan perundang undangan tentang pengadaan barang atau jasa pemerintah serta tata cara pengadaan barang atau jasa pemerintah dalam melaksanakan kegiatan pembangunan sarana dan prasarana kelurahan dan Pemberdayaan masyarakat di kelurahan baik secara swakelola maupun melalui penyedia. “Tujuannya untuk meningkatkan kompetensi dan wawasan dari peserta Bimtek.”Ujarnya.

Sementara Walikota Habib Hadi zainal Abidin dalam sambutannya mengatakan bahwa laju pembangunan bertumpu pada aspek pengelolaan pengadaan barang dan jasa ditingkat kelurahan “Kami berharap dengan bimtek ini dapat menginspirasi kelurahan dan masyarakat dalam pembangunan sarana dan prasarana untuk selalu mengacu pada perundang undangan yang ada.”Ujar walikota.

Selanjutnya bimbingan teknis ini diisi oleh Mokhammad Kholid SP,M.AP dan Sudiharjo S.Pd, ST, MT dari Bagian Layanan Pengadaan kabupaten pasuruan selaku narasumber. Sepanjang berlangsungnya kegiatan, para peserta mendengar pemaparan dan materi dari kedua narasumber, bahkan dalam kesempatan tersebut disediakan sesi dialog dan tanya jawab antara narasumber dan peserta.

“Diharapkan dengan adanya Bimtek ini, setidaknya akan menambah wawasan terkait teknis yang berhubungan dengan perundang undangan menyangkut pengadaan barang dan jasa di kelurahan.”Ujar Gofur Effendy, Kabag Administrasi Pembangunan Pemkot Probolinggo. (Suh)
Lebih baru Lebih lama
Advertisement