Dinkes Tampil Dengan Layanan Kesehatan Gratis di SPKP Ke 2 Tahun 2019


Wawali HM Soufis Subri ketika berada di stan Dinkes, mencoba layanan  kesehatan yang disediakan.

PROBOLINGGO - Perhelatan Semarak Pagi Kecamatan Probolinggo (SPKP) kembali digelar Pemkot Probolinggo dengan mengambil tema “Pangan Oke.. Lingkungan Berkualitas...Yes. Pelayanan.. Kerja Joss”,, Minggu (23/6/2019). Ajang yang dilangsungkan di pelataran GOR Kecamatan Kedopok ini banyak memberi inspirasi bagi instansi untuk melakukan hal positif bagi masyarakat, hal tersebut juga dilakukan oleh Dinas Kesehatan kota Probolinggo dalam kegiatan tersebut.



SPKP yang pada tahun ini memasuki periode ke 2, Instansi pelayanan publik ini menyajikan layanan kesehatan bagi warga secara gratis. Keikutsertaan Dinkes dalam kegiatan ini sebagai wujud dukungan atas  program yang diusung Pemkot utamanya dalam hal pemberian layanan dan salah satunya layanan kesehatan pada masyarakat.  

Menurut Nyamiati Ningsih S.Sos, Kasi Promkes dan Pemberdayaan Masyarakat Dinkes kota Probolinggo mengatakan bahwa Dinkes dalam  mendukung Program  Pusat  melalui kegiatan  SPKP Episode 2 di Kecamatan  Kedopok, menyampaikan informasi kepada masyarakat terkait program  Pelayanan Kesehatan Semesta (UHC) melalui Pemeriksaan Kesehatan secara dini ( skrining) Pengobatan tradisional dalam bentuk pemanfaatn TOGA dan Aqupresur. Adapun tema dari Dinas Kesehatan yang mendukung SPKP Episode II dengan mengambil tema  PENGUATAN CAKUPAN KESEHATAN SEMESTA (UHC/ UNIVERSAL HEALTH COVERAGE) MELALUI PELAYANAN KESEHATAN MODEREN dan TRADISIONAL.

Nyamiati Ningsih menambahkan dengan adanya partisipasi instansinya dalam even tersebut diharapkan akan dapat Meningkatkan pengetahuan masyarakat Pelayanan Kesehatan Semesta / UHC, Memberikan informasi kepada masyarakat tentang keberadaan para pemijat di Kota Probolinggo serta Meningkatkan dukungan dan peran serta masyarakat dalam kegiatan  Pelayanan dan pengobatan modern dan tradisional.



Secara detail Dinkes dalam kegiatan SPKP ini menurunkan layanan  Pelayanan Kesehatan  gratis berupa Pemeriksaan  Tekanan Darah, Pengukuran TB dan BB, Konsultasi dokter, Aqupresur / Pijat oleh AP3I (Asosiasi Para Pemijat Penyehat Indonesia), Publikasi program UHC, Aqupresur melalui Leaflet, banner, TV, Penyuluhan  kesehatan tradisional serta Kuis Berhadiah / doorpres pada masyarakat dalam bentuk  toga, minuman beras kencur , kunyit asem  dan media promosi tradisional. Selain itu Dinkes juga memberikan hiburan Electon  serta menampilkan penyanyi Jamilah, seorang anak disabilitas dari SLB kota Probolinggo yang mempunyai potensi baik dalam bidang tarik suara maupun bidang lainnya.


Adanya layanan kesehatan gratis di even tersebut, yang pasti memperoleh antusias cukup tinggi dari masyarakat pengunjung SPKP. Terlebih mereka yang selama ini minim melakukan cek kesehatan ataupun konsultasi menyangkut kesehatannya. Di stan Dinkes ini, warga bisa memilih layanan yang disediakan panitia dalam SPKP ke 2 di Kecamatan Kedopok tahun ini.  


Drg Ninik Ira Wibawati M.QIH selaku Kepala Dinas Kesehatan yang diwakili oleh sekretaris Dinkes kota Probolinggo, Hery Siswanto S.Si, MM.Kes ketika ditemui mengatakan bentuk layanan yang berada di even SPKP ini, merupakan satu bentuk kepedulian instansinya pada warga, “Dengan pemeriksaan secara gratis ini, dn kali ini kami juga menghadirkan rekan dari AP3I (Asosiasi Pemijat tradisional) di kota Probolinggo yang membantu warga utamanya yang ada masalah dengan kesehatan. Kita berharap masyarakat bisa memanfaatkan momen SPKP ini terutama dengan layanan kesehatan secara gratis di stan Dinkes.”Ujarnya.


Apresiasi positif juga ditunjukkan oleh Wakil Walikota HM Soufis Subri ketika berkunjung ke stan instansi tersebut. “Ini satu bentuk kepedulian pada masyarakat menyangkut kesehatan. Diharapkan layanan secara gratis ini dapat memberi manfaat yang sangat dibutuhkan oleh warga kota.”Ujar Wawali yang dalam kesempatan tersebut mencoba fasilitas pijat bersama istri. (Suh)
Lebih baru Lebih lama
Advertisement