Irjen. Pol. Drs. Agung Sabar Santoso.SH.MH Tinjau Rumah Singgah Desa Jambewangi



BANYUWANGI - Desa Jambewangi kecamatan Sempu Banyuwangi yang sering mendapat kunjungan dari instansi Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Propensi bersama Kampung KB yang sudah masuk 5 besar Nasional.  

Pada hari Senin (1/7/.2019) bertepatan Hari Bhayangkara ke-73 . Asisiten Rencana Umum (ASRENA) Kepala Kepolisian RI (KAPOLRI) Jakarta  Irjen, Drs,Agung Sabar Santoso, SH,MH,  meninjau “ Rumah Singgah Mitra Bersama” di dusun Krajan desa Jambewangi, yang masih terkait dengan kampung KB.

Kedatangan Irjen, Drs, Agung Sabar Santoso,SH,MH bersama rombongan dari Mabes Polri, Kapolda Jatim, yang didampingi oleh Kapolres Banyuwangi AKBP. Taufik Herdiansyah Zainardi, SIK,SH,MH.disambut oleh tari Gandrung (tari aicon Banyuwangi).

Hadir dalam acara yakni Forpinka Sempu. Tiga pilar  desa Jambewangi  bersama perangkat desa, Kepala PUSKESMAS se-Kabupaten Banyuwangi. ibu-ibu Bhayangkari. Babinkamtipmas se-Kabupaten Banyuwangi.Ketua LMDH. Tokoh Pemuda. Tokoh Agama.Tokoh Masyarakat.Muslimat.

Acara di awali pukul 14.00 WIB oleh kepala desa Jambewangi Supriono,SE, dalam sambutannya menjelaskan “ Kami atas nama Pemerintah dan masyarakat desa Jambewangi mengucapkan Selamat Hari Bhayangkara yang ke-73 semoga Polri tetap jaya dan setia melayani masyarakat seluruh Nusantara”.

Semua ini suatu kehormatan bagi desa Jambewangi, yang letaknya dilereng Gunung Raung.50 Km dari pemerintahan daerah ,dan baru kali ini desa Jambewangi di datangi oleh Jendral bintang 2. Dan satu-satunya Jendral yang mau silaturohim di Rumah Singgah Mitra Bersama. Samoga kegiatan Babimkamtipmas bersama Kapolres bisa berdampak positif, bagi masyarakat desa Jambewangi. Katanya.


Irjen, Drs, Agung Sabar Santoso,SH,MH, sebagai ASRENA Kapolri dalam sambutannya “ mengucapkan terima kasih atas sambutannya yang diiringi tari Gandrung yang memukau. Pertama kali menginjakkan kaki di kabupaten Banyuwangi, dan desanya Jambewangi.

Kedatangan ke Banyuwangi melihat, sejauh mana program pada manusia siap di desa Jambewangi ini. Yang nanti akan diundi secara Nasional, di Kementrian Pemberdayaan Aparatur Negara (PAN) Reformasi Birokrasi, salah satunya adalah pembuatan rumah singgah.atas inisiatif Babinkamtimas desa Jambewangi.

“Saya berterima kasih atas hadirnya Manusia siap ini. Pesan saya bagaimana barisan siap ini tetap exis, nanti siapapun Babimkamtipmasnya, siapapun kepala desanya. Jadi jangan sampai Babinkamtimasnya pindah, barisan siapnya hilang”. Tegasnya.

Apabila kepala desanya tidak terpilih, (mudah-mudahan terpilih lagi,) barisan siapnya juga hilang. Semua ini sudah sangat bagus sekali, silahkan dipertahankan dan ditingkatkan lagi. Kalau bisa membuat sepada motor yang dimodifikasi untuk bisa mengangkut orang sakit, sebab mobil tidak bisa masuk. Tuturnya.

Setelah memberikan sambutan ASRENA KAPOLRI bersama rombongan meninjau kelengkapan untuk kesehata masyarakat pinggiran yang tinggal dihutan, Supriono,SE kepala desa Jambewangi dikonfirmasi adanya Rumah Singgah ini menerangkan . bahwa ide cemerlang dari Babimkantimas desa Jambewangi Brigadir Oky Heru Prasetio, dari Polsek Sempu  yang melihat masyarakat pinggiran yang tinggal dihutan, kalau mau persalinan , berobat sangat jauh jangkaunnya, apa lagi medannya sangat sulit. Lalu timbul gagasan mendirikan Rumah singgah.

Rumah Singgah Mitra Bersama didirikan untuk transit bagi masyarakat yang mau bersalin, karena masyarakat kita ini tinggal di daerah terpencil ditengah hutan bernama Klocor dan Seling, yang jarak tempuh ke Rumah Singgah 5 Km dengan medan yang sulit. Sedangkan Rumah Singgah dengan pusat kesehatan kecamatan 5 Km. sehingga untuk pelayanan kesehatan sangat rentan sekali, khususnya bagi ibu hamil yang akan melakukan persalinan.

Oleh karena itu  Rumah Singgah Mitra Bersama ini menjadi tempat transit pertolongan pertama bagi ibu yang hamil dan akan persalinan, maka H-2 ibu dari rumahnya yang ada di Tlocor dan Seling itu kita tempatkan di rumah sinnggah ini sehingga untuk menjangkau akses kesehatan akan lebih muda, katanya. (jok)
Lebih baru Lebih lama
Advertisement